Peningkatan pembelajaran PKn melalui model Value Clarification Technique (VCT) pada siswa kelas III SDN 02 Majan Kabupaten Tulungagung / Siti Eni Mardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran PKn melalui model Value Clarification Technique (VCT) pada siswa kelas III SDN 02 Majan Kabupaten Tulungagung / Siti Eni Mardiana

Mardiana, Siti Eni (2012) Peningkatan pembelajaran PKn melalui model Value Clarification Technique (VCT) pada siswa kelas III SDN 02 Majan Kabupaten Tulungagung / Siti Eni Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mardiana Siti Eni. 2012. Peningkatan Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Pada Siswa Kelas III SDN 02 Majan Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Drs. H. Suhel Madyono M.Pd. Kata kunci PKn model VCT SDN 02 Majan 12288 12288 12288 12288 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran di SD yang memberikan pembekalan kepada siswa berhubungan dengan pemupukan nilai-nilai sikap dan kepribadian yang sesuai dengan pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada pembelajaran PKn kelas III SDN 02 Majan Kabupaten Tulungagung siswa lebih banyak berbicara dengan temannya serta bermain sendiri. Minat dan motivasi belajar siswa kurang dalam proses pembelajaran. Hasil belajar PKn siswa kelas III masih rendah. Hasil belajar siswa kelas III menunjukkan bahwa 70% mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditentukan yaitu 70 dan siswa pasif terhadap pembelajaran. Untuk memperbaiki keadaan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) penerapan pembe-lajaran PKn melalui model VCT pada siswa Kelas III SDN 02 Majan Kabupaten Tulungagung dan (2) peningkatan pembelajaran PKn dilihat dari segi proses belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui model VCT pada siswa kelas III SDN 02 Majan Kabupaten Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif yai-tu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas III sebagai observer. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang dilakukan yaitu hasil belajar siswa pada siklus I per-temuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata 70 55 dengan persentase ketuntasan 60%. Pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata 83 13 dengan persentase ketuntasan 85%. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata 70 dengan persentase keberhasilan 50%. Pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata 75 dengan persentase keberhasilan 75%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model VCT dapat meningkatkan pembelajaran PKn siswa Kelas III SDN 02 Majan Kabupaten Tulungagung. Guru dalam melaksanakan pembelajaran PKn hendaknya menggunakan model pembelajaran VCT salah satunya dengan teknik percontohan karena dapat membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran PKn. Selain itu dengan menggunakan model VCT maka dapat membina kecerdasan (knowledge) siswa serta mengemban misi untuk membina nilai moral sikap dan perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104559

Actions (login required)

View Item View Item