Penggunaan media video untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Sekarpuro Kabupaten Malang / Mei Puspita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media video untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Sekarpuro Kabupaten Malang / Mei Puspita Dewi

Dewi, Mei Puspita (2012) Penggunaan media video untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Sekarpuro Kabupaten Malang / Mei Puspita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Video Kemampuan menyimak Cerita SD Berdasarkan hasil belajar pada pra tindakan menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menyimak cerita siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain siswa kurang berminat terhadap pembelajaran menyimak cerita karena dianggap sebagai pelajaran yang membosankan dan tidak menyenangkan siswa mengalami kesulitan dalam menceritakan kembali isi cerita pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan cara membacakan cerita hanya sebatas yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penggunaan media video dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Sekarpuro Kabupaten Malang (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Sekarpuro Kabupaten Malang dengan digunakannya media video Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data menggunakan 5 teknik yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Tes (4) Dokumentasi (5) Catatan Lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2012/2013. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu reduksi data penyajian data dan penyimpulan data. Pelaksanaan pembelajaran menyimak cerita dengan menggunakan media video berjalan sangat baik siswa telihat antusias suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa lebih berkonsentrasi dalam menyimak cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa dalam menyimak cerita mencapai 76 34 dengan kriteria baik pada siklus I dan 82 84 dengan kriteria baik sekali pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan menyimak cerita siswa mencapai 59 8 dengan kriteria cukup pada pratindakan menjadi 69 3 dengan kriteria baik pada siklus I dan 82 7 dengan kriteria baik sekali pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian yaitu bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Sekarpuro Kabupaten Malang. Disarankan bahwa dalam pembelajaran menyimak guru kelas V SDN Sekarpuro Kabupaten Malang hendaknya menggunakan media video cerita. Bagi peneliti lanjut hendaknya menggunakan video yang lebih beragam dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104555

Actions (login required)

View Item View Item