Perbedaan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 Malang dalam pembelajaran IPS sebelum dan sesudah diberi reinforcement / Reni Sitatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 Malang dalam pembelajaran IPS sebelum dan sesudah diberi reinforcement / Reni Sitatun

Sitatun, Reni (2012) Perbedaan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 Malang dalam pembelajaran IPS sebelum dan sesudah diberi reinforcement / Reni Sitatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sitatun Reni. 2012. Perbedaan Tingkat Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Madyopuro 4 Kota Malang dalam Pembelajaran IPS Sebelum dan Sesudah Diberi Reinforcement. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Toha Mashudi S. Pd M. Pd (2) Drs. Sutarno M. Pd Kata Kunci Reinforcement Aktivitas Belajar Siswa Hasil Belajar IPS Dalam proses belajar mengajar guru dituntut mampu merangsang munculnya proses berpikir harus dapat membantu tumbuhnya sikap kritis serta harus mampu mengubah pandangan siswanya. Salah satu usaha untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran adalah melalui reinforcement. Penggunaan reinforcement yang tepat dalam proses belajar-mengajar dapat menimbulkan pengaruh berupa sikap yang lebih positif dari pihak siswa sehingga partisipasinya dalam proses belajar mengajar akan meningkat dan dengan begitu dapat diharapkan bahwa pencapaian prestasi belajar mengajar menjadi lebih tinggi. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah membuktikan ada tidaknya perbedaan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 dalam pembelajaran IPS sebelum dan sesudah diberi reinforcement. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen semu (Quasy Experimental Design). Rancangan penelitian ini menggunakan dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian. Satu kelas dijadikan kelas kontrol dan satu kelas lainnya dijadikan kelas eksperimen. Kelas kontrol dalam penelitian ini yaitu kelas tanpa adanya pemberian penguatan selama pembelajaran IPS (kelas IVA) sedangkan kelas eksperimen adalah kelas dengan adanya pemberian penguatan selama pembelajaran IPS (kelas IVB). Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi untuk mengetahui keaktifan siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t independent. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Rata-rata aktivitas kelompok eksperimen (69 23) lebih tinggi dari rata-rata aktivitas kelompok kontrol. Selain aktivitas siswa juga diperoleh perbedaan hasil belajar siswa atau kelas yang diberi reinforcement dengan siswa atau kelas yang tidak diberi reinforcement dalam pembelajaran. Rata-rata gain score kelompok eksperimen (8 21) lebih tinggi dari rata-rata gain score kelompok kontrol (5 77). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian yang dibantu dengan program SPSS 15.0 for windows untuk analisis Compare Means Independent Sampel t- test menunjukkan nilai probabilitas 8804 0 05 (0 032 8804 0 05) yang berarti Ha diterima. Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 4 dalam pembelajaran IPS sebelum dan sesudah diberi reinforcement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104554

Actions (login required)

View Item View Item