Peningkatan hasil belajar matematika dengan mengembangkan karakter kreatif melalui model learning cycle pada siswa kelas IV SDN Purworejo 3 Kabupaten Blitar / Yuniar Jiwastri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika dengan mengembangkan karakter kreatif melalui model learning cycle pada siswa kelas IV SDN Purworejo 3 Kabupaten Blitar / Yuniar Jiwastri

Jiwastri, Yuniar (2012) Peningkatan hasil belajar matematika dengan mengembangkan karakter kreatif melalui model learning cycle pada siswa kelas IV SDN Purworejo 3 Kabupaten Blitar / Yuniar Jiwastri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jiwastri Yuniar. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Mengem-bangkan Karakter Kreatif melalui Model Learning Cycle pada Siswa Kelas IV SDN Purworejo 3 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan KSDP S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.M. Zainuddin M.Pd (II) Dra. Hj. Wasih D.S. M.Pd. Kata kunci model Learning Cycle Matematika hasil belajar karakter kreatif Mata pelajaran matematika membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis analisis sistematis kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Hasil observasi menunjukkan bahwa lebih dari 50% hasil belajar matematika siswa Kelas IV SDN Purworejo mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditentukan yaitu 70 dan siswa pasif terhadap pembelajaran. Untuk memperbaiki keadaan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembe-lajaran matematika melalui model learning cycle pada siswa Kelas IV SDN Pur-worejo 3 Kabupaten Blitar (2) peningkatan hasil belajar matematika melalui mo-del learning cycle siswa Kelas IV SDN Purworejo 3 Kabupaten Blitar dan (3) pe-ngembangan karakter kreatif dalam pembelajaran matematika melalui model lear-ning cycle siswa Kelas IV SDN Purworejo 3 Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif yai-tu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas IV sebagai observer. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu pelaksanaan pembelajaran matema-tika melalui model learning cycle pada setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini tampak dalam persentase proses belajar siswa siklus I sebesar 74% dan me-ningkat 5 5 poin dalam siklus II yaitu sebesar 79 5%. Hasil belajar siswa pada siklus I mendapat persentase sebesar 70 2% pada siklus II mendapat persentase sebesar 80%. Karakter kreatif siswa pada siklus I mendapat persentase sebesar 48 2% pada siklus II mendapat persentase sebesar 63 6%. Kesimpulan penelitian adalah (1) pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model learning cycle meningkat 5 5 poin dari 74% menjadi 79 5% (2) hasil belajar siswa meningkat 9 8 poin dari 70 2% menjadi 80% dan (3) karakter kreatif siswa meningkat 15 4 poin dari 48 2% menjadi 63 6%. Saran yang diajukan yaitu (1) Dalam melaksanakan pembelajaran sebaik-nya guru memilih model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa untuk mem-bangun pengetahuan sendiri tentang suatu materi sehingga pengetahuan yang di-peroleh siswa dapat lebih bermakna dan (2) Dalam penerapan pembelajaran ma-tematika hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang bisa membuat siswa berperan aktif menemukan konsep dan mengembangkan karakternya salah satunya yaitu model learning cycle agar siswa tidak hanya diam melainkan aktif dan kreatif dalam kegiatan menemukan konsep. ABSTRACT Jiwastri Yuniar. 2012. The Improvement Of Mathematics Lear-ning Outcomes By Developing Creative Character Through Lear-ning Cycle Model Of Fourth Grader Students At Purworejo Ele-mentary School 3 Blitar. Thesis Department of Primary and Pre-school Education Faculty of Education University of Malang. Counselor (I) Dr. H.M. Zainuddin M. Pd (II) Dra. Hj. Wasih D.S. M.Pd. Keywords Learning Cycle Model Math learning outcomes crea-tive character Mathematics courses equip students with the ability to think logically analytical systematic critical and creative as well as the ability to cooperate. Observations indicate that more than 50% of the Class IV students learn mathematics SDN Purworejo KKM score below 70 and determined that passive students towards learning. To remedy the situation is done Classroom Action Research (CAR). The purpose of this study was to describe (1) the implementation of learning mathematics through the learning cycle model of Class IV student of SDN Pur-worejo 3 Blitar (2) improved learning outcomes through the model s mathematical learning cycle students SDN Purworejo Class 3 District IV Blitar and (3) the creative character of the development in learning mathematics through the model cycle learning Class IV students SDN Purworejo 3 Blitar. The method used in this research is descriptive qualitative research design is the PTK. This is a collaborative research model yai-tu researchers act as implementers observers in teaching and learning activities are assisted by fourth grade teacher as an observer. Results of research on the implementation of learning math through learning cycle models has increased in every cycle. This is evident in the percentage of student learning cycle of 74% and her soared 5.5 points in the second cycle is equal to 79.5%. Student learning outcomes in the cycle I got a percentage of 70.2% in the second cycle got a percentage of 80%. Creative character of students in cycle I got a percentage of 48.2% in the second cycle got a percentage of 63.6%. Conclusions (1) the implementation of learning mathematics through the learning cycle models increased 5.5 points from 74% to 79.5% (2) the learning outcomes of students rose 9.8 points from 70.2% to 80% and (3 ) creative character of students increased 15.4 points from 48.2% to 63.6%. Suggestions were put forward (1) In carrying out of teaching teachers should choose a model of learning that can enable students to construct their own knowledge about the material so the knowledge that students can obtain more meaningful and (2) In the application of learning mathematics teachers should use a learning model that can make students actively discover concepts and develop his character one that is a model learning cycle so that students not only silent Inkan melaactive and creative in the activities of finding concepts.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104552

Actions (login required)

View Item View Item