Penerapan model Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS di SDN Sekarpuro Kecamatan Pakius Kabupaten Malang / Tri Muryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS di SDN Sekarpuro Kecamatan Pakius Kabupaten Malang / Tri Muryani

Muryani, Tri (2012) Penerapan model Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS di SDN Sekarpuro Kecamatan Pakius Kabupaten Malang / Tri Muryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muryani Tri. 2012. Penerapan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A Pada Mata Pelajaran IPS di SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Toha Mashudi S.Pd M.Pd (2) Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Model Talking Stick aktivitas belajar hasil belajar IPS SD Berdasarkan hasil observasi di kelas IV A diketahui bahwa dalam pembelajaran IPS sebagian besar siswa mencapai hasil belajar di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 65. Dari 25 siswa hanya 7 siswa yang dinyatakan tuntas belajar sedangkan 18 siswa lainnya memperoleh hasil belajar di bawah KKM. Persentase hasil belajar siswa juga masih belum mencapai 75% dari seluruh jumlah siswa di kelas. Hal itu karena guru dalam pembelajaran masih dominan menggunanakan metode ceramah sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kurang. Kenyataan inilah yang melatarbelakangi diadakannya PTK ini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan PTK yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang mencakup perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV A di SDN Sekarpuro Kabupaten Malang dengan jumlah 25 siswa. Data penelitian diperoleh dari observasi tes akhir pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa pada siklus 2 yang mencapai 82 4% 2) pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan jumlah rata-rata siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 sebanyak 12 siswa dan pada siklus 2 sebanyak 20 siswa dari 25 siswa kelas IV A di SDN Sekarpuro Kabupaten Malang. Adanya siswa yang belum tuntas karena ada beberapa siswa yang tidak mau bertanya pada guru apabila ada kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A di SDN Sekarpuro Kabupaten Malang. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menggunakan model Talking Stick dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104551

Actions (login required)

View Item View Item