Peningkatan hasil belajar PKn melalui model problem based learning di kelas V SDN III Geger, Kabupaten Tulungagung / Fahrul Ar Rozy - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model problem based learning di kelas V SDN III Geger, Kabupaten Tulungagung / Fahrul Ar Rozy

Ar Rozy, Fahrul (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model problem based learning di kelas V SDN III Geger, Kabupaten Tulungagung / Fahrul Ar Rozy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pkn problem based learning (pbl) hasil belajar. Penelitian ini memiliki latar belakang dari hasil observasi yang telah dilakukan peneliti sehingga ditemukan adanya permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran PKn di SDN III Geger Kabupaten Tulungagung di kelas V. Hal tersebut dilihat dari hasil observasi dengan KKM 70 yang nilainya di atas KKM hanya 2 dari 14 siswa atau hanya 14% dan yang tidak mencapai KKM sebanyak 12 siswa atau 86%. Hal tersebut disebabkan kurangnya partisipasi aktifsiswa dalam pembelajaran PKn. Berdasarkan latar belakang tersebut diperlukan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran agar nilai yang didapat siswa dapat meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dengan menerapkan Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran PKn di SDN III Geger Kabupaten Tulungagung. Kedua mengetahui dan medsekripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah kelas V di SDN III Geger Kabupaten Tulungagung dengan jumlah 14 siswa. Setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan PBL catatan lapangan soal tes angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase ketercapaian PBL dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase pada hasil belajar setelah tindakan PBL dilakukan dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil tes evaluasi yaitu dari siklus I ketuntasan klasikal sebesar 61% atau 9 anak meningkat menjadi 89% atau 13 anak pada siklus II. Faktor yang menyebabkan peningkatan adalah dengan PBL terjadi pembelajaran bermakna dan siswa terlibat aktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN III Geger Kabupaten Tulungagung. Keterlaksanaan pembelajaran PKn dengan model Problem Based Learning juga sudah berjalan sesuai dengan sintaks pembelajaran dengan model PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104549

Actions (login required)

View Item View Item