Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thingking (DD/CT) pada siswa kelas IV SDN Srengat 01 Blitar / Sigit Korima Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thingking (DD/CT) pada siswa kelas IV SDN Srengat 01 Blitar / Sigit Korima Setiawan

Setiawan, Sigit Korima (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thingking (DD/CT) pada siswa kelas IV SDN Srengat 01 Blitar / Sigit Korima Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar PKn deep dialogue/critical thinking. Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional sehingga pembelajaran menjadi terpusat pada guru. Selain itu dari data hasil belajar PKn menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan yakni 70. Hasil belajar siswa yang rendah ini merupakan dampak dari pembelajaran yang belum sesuai dengan hakikat dan tujuan PKn. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan Pembelajaran PKn Melalui Model Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) di Kelas IV SDN Srengat 01 Kabupaten Blitar. (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa melalui Model Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) di Kelas IV SDN Srengat 01 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan model DD/CT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Srengat 01 yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada tiap pertemuan. Pada siklus I pertemuan I mendapat persentase sebesar 62% dengan kriteria kurang baik pada pertemuan II mendapat persentase sebesar 77% dengan kriteria cukup baik. Pada siklus II pertemuan I mendapat persentase sebesar 89% dengan kriteria baik pada pertemuan II mendapat persentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam meningkatkan hasil belajar guru dapat melaksanakan pembelajaran PKn dengan model DD/CT karena selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembentukan sikap dalam menerapkan nilai demokrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104548

Actions (login required)

View Item View Item