Peningkatan hasil belajar PKn melalui model the power of two siswa kelas IV SDN Plosokandang 3 Kabupaten Tulungagung / Kanti Mayasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model the power of two siswa kelas IV SDN Plosokandang 3 Kabupaten Tulungagung / Kanti Mayasari

Mayasari, Kanti (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model the power of two siswa kelas IV SDN Plosokandang 3 Kabupaten Tulungagung / Kanti Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar hakekat PKn model the power of two Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar PKn kelas IV SDN Plosokandang 3 masih rendah hal ini dapat dilihat dari (1) hasil nilai evaluasi siswa pada materi sistem pemerintahan desa (2) siswa kesulitan dalam memecahkan masalah secara individu (3) siswa kurang aktif bekerja sama dengan teman selama pembelajaran sehingga siswa cenderung bekerja sendiri. Untuk itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model The Power of Two dalam pembelajaran PKn (2) peningkatan hasil belajar PKn melalui penerapan model The Power of Two. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Plosokandang 3 Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model The Power of Two dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Plosokandang 3 antara lain (1) keberhasilan guru dalam penerapan model The Power of Two pada siklus I diperoleh 70 83% dan pada siklus II keberhasilan guru dalam penerapan model The Power Of Two meningkat menjadi 88 54% (2) rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65 81% dan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 81 11% (3) hasil belajar dari 12 siswa pada siklus I dari pertemuan 1 terdapat 4 siswa dinyatakan tuntas pada pertemuan 2 meningkat menjadi 7 siswa yang dinyatakan tuntas sedangkan pada siklus II pertemuan 1 terdapat 10 siswa dinyatakan tuntas pada pertemuan 2 dinyatakan semua siswa (100%) dinyatakan tuntas. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan model The Power of Two dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Plosokandang 3. Saran dari penelitian ini guru hendaknya mengembangkan penerapan model The Power of Two sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran PKn di SD. Bagi peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini berdasarkan keterbatasan yang ada pada peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104547

Actions (login required)

View Item View Item