Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran inkuiri jurisprudensial kelas V SDN 04 Kedoyo Tulungagung / Wahyu Pristiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran inkuiri jurisprudensial kelas V SDN 04 Kedoyo Tulungagung / Wahyu Pristiani

Pristiani, Wahyu (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran inkuiri jurisprudensial kelas V SDN 04 Kedoyo Tulungagung / Wahyu Pristiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pristiani Wahyu. 2012. Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial Kelas V SDN 04 Kedoyo Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Widayati MH (II) Drs. Suhel Madyono M. Pd Kata kunci model inkuiri jurisprudensial PKn hasil belajar PKn di tingkat SD adalah mata pelajaran yang bertujuan mengembangkan kepribadian utuh dan menjadikan warga negara yang baik. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui adanya permasalahan yaitu pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Hasil belajar PKn siswa Kelas V SDN 04 Kedoyo Kabupaten Tulungagung menunjukkan bahwa hanya sebesar 33% dari 15 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yang ditentukan yaitu 70. Untuk memperbaiki keadaan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SDN 04 Kedoyo Tulungagung dan 2) apakah penerapan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SDN 04 Kedoyo Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif yai-tu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas V sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 04 Kedoyo Tulunagung dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada setiap siklus yang telah dilakukan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) penerapan model inkuiri jurisprudensial dapat meningkatkan aktivitas siswa 2) penerapan model inkuiri jurisprudensial dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SDN 04 Kedoyo Tulungagung dengan peningkatan yaitu pada siklus I per-temuan I mendapat persentase sebesar 69% pada pertemuan II mendapat per-sentase sebesar 71 13%. Rata-rata hasil belajar siklus I mencapai 70 07%. Pada siklus II pertemuan I mendapat persentase sebesar 74 67% pada pertemuan II mendapat persentase sebesar 77 20%. Rata-rata hasil belajar siklus II mencapai 75 93% atau meningkat sebesar 5 86% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran PKn dengan menggunakan model inkuiri jurisprudensial dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 04 Kedoyo Tulungagung. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104546

Actions (login required)

View Item View Item