Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V SDN Wlingi 01 Kabupaten Blitar / Mahfida Inayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V SDN Wlingi 01 Kabupaten Blitar / Mahfida Inayati

Inayati, Mahfida (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V SDN Wlingi 01 Kabupaten Blitar / Mahfida Inayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pkn student teams achievment division (stad) hasil belajar. Penelitian ini memiliki latar belakang dari hasil observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Wlingi 01 sehingga ditemukan adanya permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran PKn di SDN Wlingi 01 yang tidak dapat memenuhi KKM yang ditentukan yaitu nilai 70 berdasarkan KTSP di SDN Wlingi 01. Dari hasil observasi yang dilaksanakan di SDN Wlingi 01 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar diketahui bahwa dari 22 siswa hanya terdapat 8 siswa (36%) yang mendapat nilai memenuhi KKM. Selebihnya yakni sebanyak 14 siswa (64%) mendapat nilai di bawah KKM. Sehingga dengan itu dipandang guru perlu melakukan suatu perbaikan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk melakukan perbaikan tersebut langkah yang perlu diambil adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model Student Teams Achievment Division (STAD) dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Wlingi 01 dengan menggunakan model Student Teams Achievment Division (STAD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa siswi kelas V di SDN Wlingi 01Kecaamatan Wlingi Kabupaten Blitar dengan jumlah 22 siswa. Masing-masing siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa(1) lembar observasi guru dalam melaksanakan model STAD (2) lembar observasi siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model STAD (3) tes evaluasi/tes akhir dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif dengan persentase ketercapaian penggunaan model STAD dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 2% dari 65% menjadi 67%. Sedangkan untuk peningkatan dari rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 14% dari 67% menjadi 81%. Sedangkan peningkatan skor persentase aktifitas guru pada siklus I rata-rata sebesar 84% dengan kualifikasi nilai baik dan pada siklus II memperoleh peningkatan skor persentase rata-rata menjadi sebesar 97% dengan kualifikasi nilai sangat baik. Begitu pula jumlah siswa yang tuntas juga mengalami peningkatan yaitu dengan persentase ketuntasan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 35% dari 52% menjadi 87%. Peningkatan hasil belajar ini juga diimbangi dengan peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif STAD sehingga siswa aktif dan tidak bosan dalam pembelajaran. Hal ini dapat dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajarn kooperatif STAD pada siswa kelas V SDN Wlingi 01 telah mencapai keberhasilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104545

Actions (login required)

View Item View Item