Perwitasari, Aties (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui metode simulasi pada siswa kelas II SDN 03 Bendorejo Kabupaten Trenggalek / Aties Perwitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Perwitasari Aties. 2012. Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Metode Simulasi pada Siswa Kelas II SDN 03 Bendorejo Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Prodi S-I PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd (II) Drs. H. Suhel Madyono M.Pd Kata Kunci hasil belajar PKn metode simulasi. Berdasarkan observasi proses pembelajaran dikelas II SDN 03 Bendorejo dalam mengerjakan soal siswa yang mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu hanya 3 siswa dengan persentase 20% sedangkan siswa yang tidak memenuhi KKM sebanyak 12 siswa dengan persentase 80% dan nilai rata-rata sebesar 52 3 dari 15 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih berada di bawah standar ketuntasan yang ditetapkan yaitu 70. Untuk memperbaiki keadaan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran PKn melalui simulasi pada siswa Kelas II SDN 03 Kabupaten Trenggalek dan (2) peningkatan hasil belajar PKn melalui metode simulasi pada siswa Kelas II SDN 03 Bendorejo Kabupaten Trenggalek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Penelitian ini peneliti berperan sebagai observer sedangkan guru kelas II berperan sebagai pelaksana pembelajaran dengan metode simulasi. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu hasil belajar siswa dari siklus I pertemuan I dan pertemuan II mendapat persentase siswa tuntas sebesar 60% pada siklus II pertemuan I dan pertemuan II mendapat persentase sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn siswa kelas II SDN 03 Bendorejo Kabupaten Trenggalek dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran PKn dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.kelas II SDN 03 Bendorejo Kabupaten Trenggalek. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan metode simulasi sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |