Pratiwi, Dian Ika (2012) Peningkatan pembelajaran PKn melalui model Team, Game and Tournament (TGT) di kelas V SDN Talun 05 Kabupaten Blitar / Dian Ika Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dan team game and tournament (tgt). Berdasarkan hasil observasi awal dalam pembelajaran PKn siswa kurang aktif siswa hanya mendengarkan ceramah guru dan selanjutnya mengerjakan LKS. Pembelajaran terpusat pada guru (teacher center). Sehingga menyebabkan kebosanan pada diri siswa. Hal itu ditunjukkan oleh siswa dalam bentuk aktivitas lain yang cenderung mengabaikan guru yaitu berbicara dan bermain dengan temannya. Selain itu nilai hasil belajar PKn siswa kelas V 15 siswa dari 20 siswa kelas V belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70. Pembelajaran PKn di kelas V SDN Talun 05 Kabupaten Blitar masih terpusat pada guru (teacher center) dan nilai siswa belum memuaskan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan model Team Game and Tournament (TGT). Sehingga penelitian ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui dan mendeskripsikan penerapan dan peningkatan pembelajaran PKn melalui Model TGT di kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi tes wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pra hanya 5 siswa atau 25% dari 20 siswa yang tuntas belajar. Setelah diterapkan Model TGT pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 10% dari 25% menjadi 35%. Sedangkan untuk peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 55% dari 35% menjadi 90%. Guru dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan dari pra kegiatan yang tidak menggunakan model pembelajaran menjadi menggunakan model pada siklus I yang selanjutnya meningkat 14% dari 83% menjadi 97% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model TGT menunjukkan peningkatan pembelajaran PKn. Oleh karena itu disarankan kepada para guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang lebih inovatif seperti TGT agar pembelajaran menjadi lebih baik dan berpusat pada siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |