Meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran demokratis siswa kelas V SDN Batuaji 2 Ringinrejo Kabupaten Kediri / Zulfia Waliati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran demokratis siswa kelas V SDN Batuaji 2 Ringinrejo Kabupaten Kediri / Zulfia Waliati

Waliati, Zulfia (2012) Meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran demokratis siswa kelas V SDN Batuaji 2 Ringinrejo Kabupaten Kediri / Zulfia Waliati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Waliati Zulfia. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Demokratis Siswa Kelas V SDN Batuaji 2 Ringinrejo Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi S1 Program PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Sunyoto S.Pd. M.Si dan (II) Dra. Widayati M.H. Kata kunci hasil belajar PKn pembelajaran demokratis. Penggunaan model pembelajaran PKn ( pendidikan kewarganegaraan) di tuntut untuk memperhatikan berbagai faktor. PKn merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat dan karakreristik yang berbeda bila dibandingkan disiplin ilmu yang lain. Dalam pembelajaran PKn siswa tidak hanya dituntut untuk menghafal materi akan tetapi siswa juga harus memahami materi sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil pengamatan proses pembelajaran PKn yang dilakukan di SDN Batuaji 2 mengalami beberapa permasalahan diantaranya (1) mata pelajaran PKn disajiakan oleh guru sebagai mata pelajaran yang tidak menarik karena pembelajaran berpusat pada guru (2) siswa merasa takut karena sifat guru yang keras (3) siswa merasa bosan dengan apa yang dipelajari karena siswa hanya menghafal konsep-konsep yang disampaikan dalam pembelajaran (4) rendahnya hasil belajar PKn dengan nilai di bawah KKM yaitu dari 19 siswa hanya 21% atau 4 siswa yang tuntas dalam belajar dan 79% atau 15 siswa yang belum tuntas dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran demokratis pada siswa kelas V SDN Batuaji 2 (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran demokratis pada siswa kelas V SDN Batuaji 2. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah 19 siswa kelas V SDN Batuaji 2. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap pelaksanaan pembelajaran dari pra tindakan kurang baik atau mencapai 47 65% siklus I pertemuan pertama cukup baik atau mencapai 69% silkus I pertemuan kedua meningkat menjadi 84% pada siklus II menjadi sangat baik atau mencapai 88% dari jumlah siswa 19. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari pra tindakan terdapat 21% siswa yang tuntas siklus I pertemuan pertama terdapat 79% siswa yang tuntas belajar siklus I pertemuan kedua 95% siswa yang tuntas dan pada siklus II menjadi 100% siswa yang tuntas belajar dari jumlah siswa 19. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran demokratis agar siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya menciptakan pembelajaran yang inovatif dengan model pembelajaran demokratis agar hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104542

Actions (login required)

View Item View Item