Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran mind mapping siswa kelas V SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar / Binti Nuriroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran mind mapping siswa kelas V SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar / Binti Nuriroh

Nuriroh, Binti (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran mind mapping siswa kelas V SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar / Binti Nuriroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuriroh Binti. 2012. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas V SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M. Pd (II) Dra. Sutansi M. Pd. Kata kunci hasil belajar mind mapping Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa hasil belajar PKn siswa di kelas V masih jauh dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diberlakukan yaitu nilai 70. Dari hasil observasi yang dilaksanakan diketahui bahwa dari 32 siswa hanya terdapat 11 siswa (34 %) yang mendapat nilai memenuhi KKM. Selebihnya yakni sebanyak 21 siswa (66 %) mendapat nilai di bawah KKM. Hal tersebut disebabkan kurangnya partisipasisiswa siswa dalam pembelajaran PKn sedangkan guru selalu mengulang kembali pembelajarannya karena nilai-nilai ujian siswa dirasa kurang memuaskan sehingga siswa merasa bosan terhadap mata pelajaran PKn. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Mind Mapping. Pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi awal hanya 34% siswa yang tuntas belajar oleh karena itu pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Mind Mapping agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 65 69% meningkat pada siklus II menjadi 76 66%. Nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I 81 5% meningkat pada siklus II menjadi 91 5%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa pada pratindakan adalah 59 06 atau dalam persentase 34% setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping rata-rata nilai yang dicapai pada siklus I adalah 67 6 atau 51 5%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu rata-rata nilai siswa mencapai 78 7 atau dalam persentase sebesar 91 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping jika diterapkan dengan benar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian penerapan model pembelajaran yang lebih inovatif sangat diperlukan sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104541

Actions (login required)

View Item View Item