Penerapan pakem untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Kedungdowo I Kabupaten Nganjuk / Eko Adi Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pakem untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Kedungdowo I Kabupaten Nganjuk / Eko Adi Nugroho

Nugroho, Eko Adi (2012) Penerapan pakem untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Kedungdowo I Kabupaten Nganjuk / Eko Adi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PAKEM Membaca Pemahaman Sekolah Dasar Fakor yang menyebabkan rendahnya kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar adalah masih adanya tradisi kelisanan (orality) seperti guru banyak memberikan ceramah kepada siswanya dan siswa kurang begitu banyak diberikan kesempatan membaca terlebih dahulu dan langsung diberikan pekerjaan. penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model PAKEM dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Kedungdowo 1 Kabupaten Nganjuk (2) mengetahui bahwa penerapan PAKEM dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Kedungdowo 1 Kabupaten Nganjuk. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedungdowo 1 Kabupaten Nganjuk dengan jumlah siswa 38 anak. Instrumen yang digunakan adalah teknik tes pedoman observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata pre test ke siklus I sebesar 18 53% siklus I ke siklus II sebesar 15 59% dan dari siklus II ke post test sebesar 1 32% dengan ketuntasan belajar 94 73%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan PAKEM dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pokok bahasan menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat siswa kelas V SDN Kedungdowo 1 Kabupaten Nganjuk. Disarankan agar guru hendaknya dapat menerapkan model-model pembelajran dalam proses pembelajaran di kelas karena model-model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104540

Actions (login required)

View Item View Item