Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi IPS kelas 5 SDN Patianrowo 1 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk / Mochamad Yanuar Arif Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi IPS kelas 5 SDN Patianrowo 1 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk / Mochamad Yanuar Arif Wijaya

Wijaya, Mochamad Yanuar Arif (2012) Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi IPS kelas 5 SDN Patianrowo 1 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk / Mochamad Yanuar Arif Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci IPS SD Group Investigation Hasil Belajar. Hasil wawancara dan observasi awal di SDN Patianrowo 1 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk ditemukan bahwa dalam pembelajaran guru jarang melibatkan siswa. Hasil belajar siswa pada semester 1 rata-rata masih tergolong rendah dan di bawah KKM. Rata-rata kelas pada mata pelajaran IPS pada semester 1 yaitu 62.Penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN Patianrowo 1. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran model PBL (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan model GI pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas V SDN Patianrowo 1. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 76 52 dan hanya 18 siswa saja yang tuntas belajar dengan mencapai angka 78 sesuai dengan KKM yang telah ditentukan sedangkan 5 siswa yang lain belum tuntas belajar (belum berhasil). Ketuntasan klasikal yang diperoleh dari siklus I ini sebesar 78% saja. Rata-rata kelas pada siklus II adalah 83 26 dan 20 siswa yang tuntas belajar sedangkan 3 siswa yang lainnya belum tuntas belajar (belum berhasil). Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus II adalah sebesar 86 95%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Patianrowo I. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini diantaranya (1) Guru mata pelajaran IPS disarankan agar dalam proses pembelajaran mampu mengaktifkkan siswa dalam belajar yang salah satunya adalah Penerapan model pembelajaran GI dan untuk materi pelajaran yang lain untuk meningkatkan aspek afektif kognitif dan psikomotor siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104539

Actions (login required)

View Item View Item