Perbedaan penggunaan media lagu dan semak perkalian terhadap keterampilan berhitung perkalian kelas 2 SDN Gempollegundi Jombang / Syafa'at Anggun Suryawijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan media lagu dan semak perkalian terhadap keterampilan berhitung perkalian kelas 2 SDN Gempollegundi Jombang / Syafa'at Anggun Suryawijayanti

Suryawijayanti, Syafa'at Anggun (2012) Perbedaan penggunaan media lagu dan semak perkalian terhadap keterampilan berhitung perkalian kelas 2 SDN Gempollegundi Jombang / Syafa'at Anggun Suryawijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Fakta Dasar Perkalian Keterampilan Kegiatan pembelajaran ada tiga tahap yaitu tahap penanaman konsep pemahaman konsep dan pembinaan keterampilan. Dalam penanaman konsep harus benar konsep yang dijelaskan harus sesuai karena penanaman konsep yang salah akan memberikan pemahaman konsep yang berbeda dan akan berakibat pada konsep-konsep selanjutnya. Setelah konsep ditanamkan dan peserta didik telah memahami konsep yang diberikan perlu adanya keterampilan dalam menggunakan konsep perkalian. Media Semak Perkalian merupakan suatu variasi bentuk media papan flanel yang menyerupai semak-semak. Media Lagu Fakta Dasar merupakan sebuah media yang berupa sebuah lagu tentang fakta dasar perkalian. Kedua media ini merupakan media yang baru ditemui di SDN Gempollegundi sehingga dengan adanya media ini dapat menarik minat dalam berhitung sehingga dengan media ini siswa dapat berhitung perkalian dengan cepat dan tepat. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan judul skripsi Perbedaan Penggunaan Media Lagu dan Media Semak Bilangan terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Kelas 2 SDN Gempol Legundi Jombang Perkalian merupakan penjumlahan berulang bilangan yang sama. Hasil Kali merupakan hasil perkalian dari dua bilangan. Keterampilan merupakan kemampuan melakukan pekerjaan dengan cepat dan benar. Media Semak Perkalian merupakan suatu variasi bentuk media papan flanel yang menyerupai semak-semak. Media Lagu Fakta Dasar merupakan sebuah media yang berupa sebuah lagu tentang fakta dasar perkalian. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif yang jenisnya yaitu kuasi eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas II SDN Gempollegundi kecamatan Gudo yang terdiri dari kelas II A yang banyaknya 23 siswa digunakan sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan kelas IIB yang banyaknya 23 siswa. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini hasil tes homogenitas pre-test dan post-test.. Teknik analisis data statistik bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media lagu fakta dasar dan belajar menggunakan media semak perkalian. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji hipotesis atau Uji-t Independen.. Berdasarkan hasil data yang ada siswa pada kelas eksperimen siswa mengerjakan soal dalam waktu 9 menit nilai rata-rata naik menjadi 9 1. Pada kelas kontrol siswa mengerjakan soal dalam waktu 10 menit nilai rata-rata naik menjadi 7 9. Jadi ada peningkatan nilai rata-rata hasil kemampuan awal dan tingkat keterampilan pada kelas eksperimen maupun kontrol. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai thitung 1 898 dan ttabel 1 680 berarti nilai thitung ttabel. Jadi Terdapat perbedaan penggunaan media lagu dan media semak bilangan terhadap keterampilan menentukan hasil fakta dasar perkalian kelas II SDN Gempol Legundi Jombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104538

Actions (login required)

View Item View Item