HUbungan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Penanggungan kota Malang / Andini Estu Riskyningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

HUbungan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Penanggungan kota Malang / Andini Estu Riskyningtias

Rizkyningtias, Andini Estu (2012) HUbungan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Penanggungan kota Malang / Andini Estu Riskyningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Tingkat Pendidikan Orang Tua Prestasi Belajar Siswa IPS SD. Hak pendidikan anak yang pertama kali berada pada orang tuanya. Orang tua disini terdiri atas bapak dan ibu. Ibu mempunyai peranan penting dalam meningkatkan prestasi anaknya. Demikian juga halnya dengan bapaknya. Selanjutnya agar memiliki pendidikan yang terprogram maka orang tua menitipkan putra-putrinya pada lembaga pendidikan formal (sekolah) yang ada. Dalam penelitian ini terdapat dua tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Penanggungan Kota Malang serta mendeskripsikan hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Penanggungan Kota Malang. Sesuai dengan tujuan penelitian yang telah disampaikan maka penelitian ini tergolong ke dalam penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis metode penelitian korelasional. Penelitian deskripsi merupakan penelitian yang mengumpulkan informasi mengenai status sebuah gejala yang ada. Dalam perkembangan anak hingga remaja diperlukan bimbingan untuk belajar baik belajar di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga. Bimbingan merupakan suatu kebutuhan karena menurut Djumhur dan Moh. Surya (dalam Ratnawati 2008 12) dapat diartikan sebagai suatu proses pemberian bantuan yang terus-menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah yang dihadapinya agar tercapai kemampuan untuk dapat memahami dirinya (self understanding) kemampuan untuk menerima dirinya (self acceptance) kemampuan untuk mengarahkan dirinya (self realization) sesuai dengan potensi atau kemampuan dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan baik keluarga sekolah dan masyarakat. Dalam penelitian ini didapatkan hasil validitas 0 443 yang berarti data tersebut memiliki tingkat validitas sedang. Realibilitas instrumen dalam penelitian ini adalah 0 614 yang berarti instrumen memiliki realibilitas tingkat sedang. Dengan demikian maka Ho yang berbunyi tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Kelas IV di SDN Penanggungan Kota Malang ditolak dan Ha yang berbunyi ada hubungan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Kelas IV di SDN Penanggungan Kota Malang diterima. Sehingga orang tua hendaknya memiliki kemauan yang kuat untuk meningkatkan tingkat pendidikan sehingga prestasi belajar anak dapat meningkat pula dengan adanya tingkat pendidikan orang tua yang berkualitas serta bimbingan orang tua dalam kegiatan belajar anak di rumah diharapkan lebih dapat ditingkatkan. Bagi siswa hendaknya memiliki kemauan yang keras untuk meningkatkan prestasi belajar karena siswa yang berprestasi merupakan aset untuk pembangunan bangsa dan negara sehingga bangsa kita tidak tertinggal lebih jauh lagi dengan bangsa lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104537

Actions (login required)

View Item View Item