Setiawan, Ahmad Haris (2012) Profil pembelajaran tematik kelas rendah SDNBI Tlogowaru Kota Malang/ Ahmad Haris Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci profil pembelajaran tematik sekolah dasar Pembelajaran tematik merupakan suatu model pembelajaran yang mengemas beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Keterpaduan dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek proses waktu aspek kurikulum dan aspek belajar mengajar. Tuntutan kurikulum tahun 2006 pembelajaran tematik seharusnya sudah direalisasikan di setiap satuan pendidikan dasar sesuai dengan peraturan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah yang menyatakan bahwa pembelajaran pada kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui profil pembelajaran tematik kelas rendah SDNBI Tlogowaru Kota malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai pengamat penuh tanpa terlibat langsung dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dalam beberapa tahap dimulai dari penyederhanaan data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengambilan data dikhususkan pada kelas satu yang merupakan kelas paralel terdiri dari lima kelas. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa profil pembelajaran tematik kelas rendah SDNBI Tlogowaru Kota Malang adalah sebagai berikut sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran tematik kelas satu sangat memadai bahkan dapat digunakan sebagai sumber belajar penyusunan desain pembelajaran dilakukan melalui rapat KKG guru kelas sehingga semua guru kelas satu memiliki RPP yang sama guru tidak selalu membuat RPP saat mengajar pembelajaran tematik dilakukan dalam berbagai macam kegiatan baik yang dilakukan di sekolah maupun yang dilakukan di luar sekolah dengan tujuan agar pembelajaran berpusat pada siswa dan memberikan pengalaman langsung penilaian pembelajaran tematik yang dilakukan masih terpisah berdasarkan mata pelajaran. Desain pembelajaran pada pembelajaran tematik kelas satu hendaknya dibuat oleh setiap guru agar tidak terjadi kesalahan penafsiran dan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Pembelajaran tematik hendaknya selalu dilakukan agar guru terbiasa merupakan pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa dan memenuhi tuntutan kurikulum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |