Perbedaan hasil belajar pecahan menggunakan media lempeng lingkaran dan media lempeng segi empat siswa kelas IV SDN Sawojajar 1 Malang / Annis Martha Cahyani Dwi Prasetyoningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar pecahan menggunakan media lempeng lingkaran dan media lempeng segi empat siswa kelas IV SDN Sawojajar 1 Malang / Annis Martha Cahyani Dwi Prasetyoningtyas

Prasetyoningtyas, Annis Martha Cahyani Dwi (2012) Perbedaan hasil belajar pecahan menggunakan media lempeng lingkaran dan media lempeng segi empat siswa kelas IV SDN Sawojajar 1 Malang / Annis Martha Cahyani Dwi Prasetyoningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Lempeng lingkaran lempeng segi empat hasil belajar. Pembelajaran matematika tidak lepas dari pengetahuan konsep. Untuk membangun sebuah konsep matematika diperlukan pembelajaran yang bermakna agar siswa lebih mengerti apa yang ia pelajari. Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang bermakna yaitu media lempeng lingkaran dan lempeng segi empat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan menggunakan media lempeng lingkaran dan media lempeng segi empat kelas IV SDN Sawojajar 1Malang. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas IV SDN Sawojajar 1 pada hari Sabtu 21 Januari 2012 siswa banyak mengalami kesulitan ketika belajar penjumlahan pecahan. Hal ini terlihat dari hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan bahwa dari 47 siswa hanya 1 siswa saja yang dapat mengerjakan soal 2 / 4 1 / 8 8943 dengan benar dan 46 siswa yang dapat mengerjakan soal 1 / 4 2 / 4 8943 dengan benar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasy Experimental Design (eksperimen semu) melalui pretest-postest group design tanpa kelas kontrol. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IVA dan kelas IVB SDN Sawojajar 1 Kota Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal-soal pretes dan postes yang terdiri dari 10 soal. Analisis data dilakukan dengan uji t pada signifikansi 945 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media lempeng lingkaran dan media lempeng segi empat. Rata-rata selisih antara pretes dan postes kelas eksperimen 1sebesar 35 41 dan kelas ekperimen 2 sebesar 47 04. Uji t juga menunjukkan bahwa thitung(4 105) ttabel(1 985) pada nilai signifikansi 2 skor uji kesamaan rata-rata gain score yaitu 0 00. Dari paparan data di atas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar pecahan yang signifikan siswa yang diajarkan menggunakan media lempeng lingkaran dan siswa yang diajarkan menggunakan media lempeng segi empat. Kelemahan pada penelitian ini siswa pada kelas eksperimen 1 mengalami kesulitan dalam penggunaan media lempeng lingkaran. Namun siswa pada kelas eksperimen 2 mengalami kemudahan dalam menemukan pecahan senilai dengan menggunakan media lempeng segi empat. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu diharapkan pada penelitian selanjutnya mampu membenahi penggunaan lempeng lingkaran agar siswa mudah menggunakannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104535

Actions (login required)

View Item View Item