Peningkatan kemampuan menulis narasi melalui pendekatan proses menulis pada siswa kelas III SDN Janjangwulung II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Ety Maslakah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis narasi melalui pendekatan proses menulis pada siswa kelas III SDN Janjangwulung II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Ety Maslakah

Maslakah, Ety (2012) Peningkatan kemampuan menulis narasi melalui pendekatan proses menulis pada siswa kelas III SDN Janjangwulung II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Ety Maslakah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Menulis Narasi Pendekatan Proses Menulis SD. Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Dasar diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulisan. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar terdapat empat aspek keterampilan berbahasa yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Salah satu aspek keterampilan yang sangat penting adalah keterampilan menulis. Cara meningkatkan keterampilan menulis adalah melalui pembelajaran menulis narasi dengan pendekatan proses menulis. Kurangnya pengetahuan siswa tentang langkah-langkah proses menulis narasi disebabkan guru tidak pernah menggunakan pendekatan yang tepat dan sesuai. Dari hasil pengamatan awal siswa kelas III SDN Janjangwulung II diketahui bahwa 30% siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis narasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menulis narasi siswa kelas III SDN Janjangwulung II Puspo Pasuruan melalui pendekatan proses menulis (2) Mendiskripsikan kemampuan menulis narasi siswa kelas III SDN Janjangwulung II Puspo Pasuruan melalui pendekatan proses menulis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya semua siswa kelas III SDN Janjangwulung II Puspo Pasuruan sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data tentang keterampilan menulis narasi didapatkan melalui catatan lapangan pengamatan wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pra tindakan rata-rata kelas yang dicapai adalah 62 3 dan masih di bawah KKM. Pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata kelas yaitu 72 4. Secara rata-rata kelas sudah memenuhi KKM tetapi secara individu masih ada beberapa siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelas yang diperoleh adalah 84 8. Dari hasil tersebut baik secara kelas maupun individu sudah mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan pendekatan proses menulis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas selalu meningkat dari mulai pra tindakan siklus I sampai siklus II. Untuk itu disarankan kepada semua guru dalam melaksanakan pembelajaran menulis terutama dalam menulis narasi untuk menggunakan pendekatan yang sesuai. Dengan menggunakan pendekatan yang tepat dan sesuai maka hasil belajar siswa dapat meningkat. salah satu pendekatan yang bisa dipergunakan adalah pendekatan proses menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104533

Actions (login required)

View Item View Item