Mulyadi, Agus (2012) Pengaruh penggunaan benda konkrit pada baris dan kolom dengan pen jumlahan berulang terhadap hasil belajar perkalian kels 2 SDN Ciptomulyo 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Agus Mulyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Hasil Belajar. Benda konkrit Penjumlahan berulang Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas 2 SDN Ciptomulyo 2 Kecamatan Sukun Kota Malang kegiatan pembelajaran matematika telah berjalan pada umumnya dengan media apa adanya. Media yang digunakan guru berupa papan tulis gambar karya siswa tahun lalu dan benda-benda yang ada sekitar siswa. Hasil belajar siswa di dua kelas setelah di rata-rata kurang mencapai KKM baik di kelas IIA maupun IIB. KKM pelajaran Matematika di SDN Ciptomulyo 2 yaitu 67. Menyikapi masalah kurang tersedianya media perkalian peneliti ingin meneliti tentang perkalian menggunakan benda konkrit pada baris dan kolom. Penelitian ini bertujuan untuk Mencari pengaruh hasil belajar perkalian menggunakan benda konkrit dalam hal ini sedotan pada baris dan kolom dengan penjumlahan berulang pada siswa kelas 2 SDN Ciptomulyo kecamatan Sukun Kota Malang. Sampel yang yang diteliti kelas eksperimen dan kelas Kontrol . Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Rancangan penelitian ini dengan eksperimen melalui pre-test dan post-test yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok Kontrol. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas 2 SDN Ciptomulyo Kota Malang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen perlakuan (terdiri dari RPP dan LKK) dan instrumen pengukuran (tes). Analisis dilakukan dengan uji t pada taraf signifikansi a 0 09. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dan Kontrol menunjukkan ada perbedaan hal ini didasarkan pada hasil uji t pada Equal Varians Assumed yakni 2 655 derajat kebebasan 86 tingkat signifikans 0 009. Probabilitas untuk uji dua sisi 0 0045 berarti P value / 2 0 025 sehingga Menolak Ho dengan demikian hipotesis alternatif atau Hi diterima. Kenyataan ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas eksperimen berbeda dengan prestasi belajar kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |