Peningkatan interaksi dan hasil belajar IPS melalui tutor sebaya pada siswa kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang / Inyong Lalang Wulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan interaksi dan hasil belajar IPS melalui tutor sebaya pada siswa kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang / Inyong Lalang Wulan

Wulan, Inyong Lalang (2012) Peningkatan interaksi dan hasil belajar IPS melalui tutor sebaya pada siswa kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang / Inyong Lalang Wulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci interaksi hasil belajar tutor sebaya IPS SD. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 18 Februari 2012 di kelas IV SDN Ngasem 04 pada mata pelajaran IPS materi Aktivitas dan Potensi Ekonomi di dapatkan fakta bahwa (1) saat guru menjelaskan keadaan siswa berbicara sendiri dengan temannya (2) pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher center) (3) guru memberikan tugas mengerjakan LKS secara individu sehingga interaksi siswa dalam kelompok tidak ada. Sementara itu hasil ulangan harian yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan SDN Ngasem 04 yaitu 70. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) peningkatan pembelajaran IPS KD Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasi dan Transportasi Serta Pengalaman Menggunakannya di kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang melalui tutor sebaya (2) peningkatan interaksi belajar IPS KD Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasi dan Transportasi Serta Pengalaman Menggunakannya di kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang melalui tutor sebay (3) peningkatan hasil belajar IPS KD Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasi dan Transportasi Serta Pengalaman Menggunakannya di kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang melalui tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menggunakan tutor dilaksanakan dengan baik kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran semakin meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I 81 65% menjadi 96 65% pada siklus II (2) interaksi belajar siswa meningkat pada siklus I dengan rata-rata mencapai 69 01% sedangkan siklus II 73 18% (3) hasil belajar meningkat siklus I didapatkan rata-rata mencapai nilai 72 29 pada siklus II 83 54. Pembahasan meliputi (1) Pembelajaran IPS melalui tutor sebaya (2) Interaksi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui tutor sebaya (3) Hasil Belajar IPS melalui tutor sebaya. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) tutor sebaya menjadikan siswa berperan aktif dalam menyelesaikan suatu tugas (2) tutor sebaya dapat meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran IPS (3) tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan kesimpulan maka diperoleh beberapa saran (1) Hendaknya guru atau peneliti lain dapat mengembangkan tutor sebaya pada materi lainnya (2) guru atau peneliti lain hendaknya menggunakan media sebagai penunjang interaksi siswa (3) guru melakukan refleksi dan tindakan perbaikan hasil belajar pada setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104529

Actions (login required)

View Item View Item