Pengaruh pemanfaatan media "jam analog" terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Kamulan 1 Kecamatan Durenan Trenggalek / Elok Sulistyo Krisbawanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media "jam analog" terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Kamulan 1 Kecamatan Durenan Trenggalek / Elok Sulistyo Krisbawanti

Krisbawanti, Elok Sulistyo (2012) Pengaruh pemanfaatan media "jam analog" terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Kamulan 1 Kecamatan Durenan Trenggalek / Elok Sulistyo Krisbawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Kuantitatif Hasil Belajar Bilangan Romawi. Pemilihan Pendekatan dalam pembelajaran akan menentukan proses pembelajaran dikelas. Pendekatan pembelajaran digunakan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa karena setiap pendekatan pembelajaran mempunyai tujuan yang berbeda. Pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat akan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan pembelajaran yang dinilai tepat dan sesuai dengan karakter siswa adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif bertujuan untuk mengetahui dengan menggunakan media jam analog yang diterapkan dalam proses pembelajaran Matematika untuk pokok bahasan Bilangan Romawi pada kelas IV semester II Sekolah Dasar Negeri 1 Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek mampu meningkatkan kualitas belajar Matematika. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan semu. Terdapat dua kelas yang dibandingkan dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Langkah-langkah penelitian ini meliputi pemberian pre tes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dan pemberian post tes pada kedua kelas tersebut. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas eksperimen (kelas IIIA) yang banyaknya 20 anak dan siswa kelas kontrol (IV B) yang banyaknya 20 anak. Instrumen yang digunakan adalah tes. Data tes yang diperoleh dari uji coba tes divalidasi dan dilihat reliabilitasnya dengan bantuan program SPSS versi 17 0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre tes kelas eksperimen 55 681 sedangkan kelas kontrol sebesar56 477. Dari hasil validitas tersebut 8 tes yang valid dan reliabel digunakan sebagai instrument pre tes dan post tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kuantitatif memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas IV A di SDN Kamulan 1 Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Saran yang diberikan peneliti adalah (1) Guru dalam mengajar sebaiknya menggunakan media jam analog agar siswa tertarik terhadap mata pelajaran tersebut dan guna meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Bilangan Romawi (2) agar menggunakan media pembelajaran jam analog untuk perbaikan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104526

Actions (login required)

View Item View Item