Pengaruh penggunaan model Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar pembelajaran IPA kelas IV di SDN rampal Celaket Malang / Bonny Yunnidah Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar pembelajaran IPA kelas IV di SDN rampal Celaket Malang / Bonny Yunnidah Kartika Sari

Sari, Bonny Yunnidah Kartika (2012) Pengaruh penggunaan model Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar pembelajaran IPA kelas IV di SDN rampal Celaket Malang / Bonny Yunnidah Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengaruh Penggunaan STAD Student Team Achievment Division (STAD) Hasil Belajar IPA Pembelajaran merupakan tindakan belajar yang dilakukan guru dengan siswa. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Namun dalam keanyataannya pembelajaran di Sekolah Dasar masih berpusat pada guru. Guru lebih aktif dalam menyampaikan informasi materi. Guru belum terlihat memberi kesempatan pada siswa untuk mengeluarkan pendapatnya dengan melakukan kegiatan kelompok. Model pembelajaran STAD merupakan model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya menggunakan kegiatan kelompok sebagai kegiatan utamanya. Dimulai dengan guru menjelaskan dahulu dan memberikan kuis sebelum kegiatan kelompok dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model STAD terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rampal Celaket I Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dengan desain eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Pada eksperimen semu terdapat desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa pre-test dan post-test. Guru memberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan memberikan post-tes untuk mengetahui kemampuan akhir siswa. Perbedaan hasil belajar siswa dapat diketahui dari selisih hasil pretest dan post-test kelompok eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 72 81 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 58 83. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai ratarata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t independent diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Sesuai tabel analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 3 604 sedangkan ttabel sebesar 2 000 karena thitung ttabel maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran model STAD terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rampal Celaket I Malang. Pembelajaran model STAD membuat anak mampu bersosialisasi dengan teman sekelompoknya dalam mengerjakan kegiatan kelompok diharapkan guru ii mampu menggunakan dan mengembangkan model STAD dalam pembelajaran IPA selain materi tentang energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104524

Actions (login required)

View Item View Item