Hajar, Siti (2012) Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis paragraf pada siswa kelas III SDNU Bangil Pasuruan / Siti Hajar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengaruh penggunaan media gambar seri menulis paragraf SD. Pembelajaran bahasa Indonesia terdiri dari empat aspek yaitu menulis membaca berbicara dan menyimak. Sesuai dengan Standar Isi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2006 untuk Sekolah Dasar kompetensi dasar untuk keterampilan menulis yang diajarkan salah satunya adalah menulis paragraf. Pembelajaran menulis paragraf telah dilaksanakan di SDNU Bangil Pasuruan tapi hasil menulis yang diperoleh belum mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan yaitu 70. Dari permasalahan yang ditemukan peneliti mencoba untuk mengangkat hal tersebut dengan melakukan penelitian yang dilakukan di kelas III SDNU Bangil Pasuruan yaitu memberikan tindakan berupa pembelajaran menulis parangraf dengan dan tanpa menggunakan media gambar seri. Hal itu bertujuan untuk pembelajaran menulis paragraf tanpa menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IIIA SDNU Bangil Pasuruan pembelajaran menulis paragraf menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IIIB SDNU Bangil Pasuruan mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis paragraf siswa kelas III SDNU Bangil Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2012 di SDNU Bangil Pasuruan. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SDNU Bangil sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 dan kelas IIIB SDNU Bangil sebagai kelas eksperimenyang berjumlah 26. Pemerolehan data dilakukan dengan melakukan tes hasil kerja siswa pre-tes dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran menulis paragraf dengan dan tanpa menggunakan media gambar seri pada pre-test rata-rata kelas kontrol dan eksperimen tidak berbeda secara signifikan karena nilai Sig. (0 247) 0 05. Dan thitung (1 171) ttabel (2 008). Sedangkan pada post-test rata-rata kelas kontrol dan eksperimen adalah berbeda secara signifikan karena nilai Sig. (0 001) 0 05. Dan thitung (3 470) ttabel (2 008). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar seri mempunyai pengaruh terhadap kemampuan menulis paragraf pada kelas III SDNU Bangil Pasuruan. Berdasarkan kesimpulan maka peneliti menyarankan kepada 1) Kepala Sekolah hendaknya selalu memberi bimbingan dan memfasilitasi atau memenuhi kebutuhan media-media pembelajaran bagi guru untuk terus melakukan inovasi pembelajaran demi perbaikan kualitas pembelajaran disekolah 2) Bagi guru hendaknya menggunakan media pembelajaran terutama pemakaian gambar seri pada pembelajaran menulis paragraf karena terbukti dapat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104522 |
Actions (login required)
View Item |