Pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Gunungronggo Kabupaten Malang / Ellyah Agustiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Gunungronggo Kabupaten Malang / Ellyah Agustiningrum

Agustiningrum, Ellyah (2012) Pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Gunungronggo Kabupaten Malang / Ellyah Agustiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Jigsaw Hasil Belajar Matematika berkenaan dengan ide-ide abstrak yang diberi simbolsimbol tersusun secara hirarkis dan penalarannya deduktif. Kehirarkisan matematika berakibat belajar matematika yang terputus-putus akan mengganggu terjadinya proses belajar. Proses belajar yang terputus-putus menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep yang baru. Kesulitan ini mempengaruhi sikap dan motivasi siswa dalam mempelajari matematika. Ada sebagian siswa yang merasa tertantang untuk mempelajari matematika tetapi tidak sedikit juga yang menjadi takut dalam mengikuti pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil observasi di SDN Gunungronggo diketahui minat siswa dalam pembelajaran matematika sangat rendah dan materi yang sulit dipahami operasi hitung pecahan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dalam mempelajari operasi hitung pecahan. Melalui model pembelajaran jigsaw diharapkan proses belajar matematika yang baik dan banyak menuntut keaktifan dan keterlibatan siswa supaya pengetahuan yang ditemukan siswa sendiri menjadi lebih bermakna. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran jigsaw mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar operasi hitung pecahan dan mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajarn jigsaw terhadap hasil belajar operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Gunungronggo. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu pembelajaran model jigsaw pada siswa kelas V SDN Gunungronggo berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar materi operasi hitung pecahan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gunungronggo pada semester II Tahun Ajaran 2011/2012 dan sebagai sampel penelitian adalah 42 orang siswa yaitu kelas VA dengan jumlah siswa 21 sebagai kelas eksperimen dan kelas VB dengan jumlah siswa 21 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran model jigsaw sedangkan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran konvensional. Dari analisis uji hipotesis diperoleh thitung ttabel yaitu 2 145 2 021 pada taraf kepercayaan 5% yang berarti H0 ditolak atau H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran model jigsaw dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil belajar diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen 84 84 dan kelas kontrol 75 17 sehingga penggunaan model pembelajaran jigsaw berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104521

Actions (login required)

View Item View Item