Penerapan model problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kedungkandang 2 Kota Malang pada pembelajaran IPA / Imroatul Latifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kedungkandang 2 Kota Malang pada pembelajaran IPA / Imroatul Latifah

Latifah, Imroatul (2012) Penerapan model problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kedungkandang 2 Kota Malang pada pembelajaran IPA / Imroatul Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model problem solving kemampuan berpikir kritis hasil belajar IPA SD. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh temuan bahwa pembelajaran IPA masih belum maksimal hal ini disebabkan karena kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang rendah.Untuk mengatasi masalah tersebut guru dapat menerapkan model problem solving. Model problem solving dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis logis dan mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah serta mengambil keputusan secara objektif dan rasional Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan (1) penerapan model problem solving pada pembelajaran IPA (2) kemampuan berpikir kritis dan (3) hasil belajar siswa setelah penerapan model problem solving. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dalam 1 siklus dilaksanakan 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara angket dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi penerapan model problem solving lembar observasi kemampuan berpikir kritis dan penilaian hasil belajar siswa. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan model problem solving pada pembelajaran IPA dari siklus 1 ke siklus 2 semua tahapan sudah dilakukan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa siswa dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan pada siklus 1 memperoleh nilai 47 27 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 71. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh nilai 73 66 meningkat menjadi 82 93 pada siklus 2. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Oleh karena itu disarankan untuk menerapkan model pembelajaran problem solving dalam pembelajaran di kelas agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104519

Actions (login required)

View Item View Item