Problematika guru dalam pembelajaran IPA kelas V materi sifat-sifat cahaya di SDN se-gugus VIII Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Mu'arifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika guru dalam pembelajaran IPA kelas V materi sifat-sifat cahaya di SDN se-gugus VIII Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Mu'arifah

Mu'arifah (2012) Problematika guru dalam pembelajaran IPA kelas V materi sifat-sifat cahaya di SDN se-gugus VIII Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Mu'arifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problematika Guru Pembelajaran IPA SD. Guru merupakan tenaga pendidik yang berperan penting dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru tidak lepas dari beberapa problem problem tersebut bisa muncul pada saat merencanakan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) Problematika guru dalam merencanakan pembelajaran IPA kelas V materi sifat-sifat cahaya (2) Problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA kelas V materi sifat-sifat cahaya (3) Problematika guru dalam mengevaluasi pembelajaran IPA kelas V materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini menggunakan rancangan deskripstif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi data. Kegiatan analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian besar guru kelas V mengalami problematika dalam (1)merencanakan pembelajaran IPA kelas V materi sifat-sifat cahaya adalah kesulitan dalam menentukan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kata kerja operasional dan tidak mengacu pada indikator kurang dapat merencanakan metode dan model pembelajaran yang variatif. (2)melaksanakan pembelajaran IPA kelas V materi sifat-sifat cahaya adalah sebagian besar guru kegiatan pembelajarannya masih belum sesuai dengan RPP dominasi guru minimnya pemahaman model tidak menggunakan media kelas gaduh. (3) mengevaluasi pembelajaran IPA kelas V materi sifat-sifat cahaya adalah sebagian besar guru kesulitan dalam membuat kriteria penilaian hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berakhir. Berdasarkan temuan diatas dapat disimpulkan bahwa problematika guru dalam pembelajaran IPA kelas V materi sifat-sifat cahaya mencakup aspek perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Oleh sebab itu sebaiknya guru mempersiapkan aspek perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran secara maksimal sehingga pembelajaran bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104518

Actions (login required)

View Item View Item