Penggunaan media peta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Cemorokandang 01 Malang / Dwi Alfiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media peta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Cemorokandang 01 Malang / Dwi Alfiah

Alfiah, Dwi (2012) Penggunaan media peta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Cemorokandang 01 Malang / Dwi Alfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Peta Aktivitas Hasil Belajar IPS SD Hasil observasi awal di SDN Cemorokandang 01 Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPS kelas IV pada materi Kegiatan ekonomi dan sumber daya alam . Selama kegiatan pembelajaran siswa masih kurang aktif mengikuti pelajaran banyak siswa yang ramai sendiri dan tidak mendengarkan penjelasan yang disampaikan serta dalam pembelajaran belum nampak media yang dipaparkan. Kegiatan pembelajaran selanjutnya siswa juga banyak yang tidak ingat ketika guru menanyakan ulang tentang materi kegiatan ekonomi dan sumber daya alam yang telah diajarkan pada pembelajaran sebelumnya siswa tidak berani mengemukakan ide atau gagasannya siswa masih enggan bertanya meskipun guru sudah memberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami dalam mengerjakan soal latihan siswa masih cenderung malas dan pasif. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu 60 52 dan masih terdapat 23 siswa (60 52%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan Media Peta pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Cemorokandang 01 Malang (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Cemorokandang 01 Malang setelah penggunaan Media Peta (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cemorokandang 01Malang setelah penggunaan Media Peta Jawa Timur dan kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan di SDN Cemorokandang 01 Malang dengan subjek siswa kelas IV sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 18 perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang mengkiuti model Kemmis Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Media Peta pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Cemorokandang 01 Malang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penggunaan Media Peta dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata akhir aktivitas siswa 68 55 pada siklus I dan meningkat menjadi 87 5 pada siklus II. Selain aktivitas juga dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terbukti dari rata-rata 70 39 dengan ketuntasan belajar kelas klasikal 68 42% pada siklus I dan meningkat menjadi 85 39 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 92.10% pada siklus II. Saran dari peneliti guru hendaknya dalam mengajar menggunakan media peta yang bervariasi sehingga membuat siswa lebih aktif dan senang dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104514

Actions (login required)

View Item View Item