Pengaruh bimbingan belajar orang tua dan intensitas menonton televisi terhadap prestasi belajar siswa kelas rendah di SDN Kalipang 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Ardhianti Endah Catur P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bimbingan belajar orang tua dan intensitas menonton televisi terhadap prestasi belajar siswa kelas rendah di SDN Kalipang 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Ardhianti Endah Catur P.

Prasetyo, Ardhianti Endah Catur (2012) Pengaruh bimbingan belajar orang tua dan intensitas menonton televisi terhadap prestasi belajar siswa kelas rendah di SDN Kalipang 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Ardhianti Endah Catur P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bimbingan Belajar Orang Tua Intensitas Menonton Televisi Prestasi Belajar Siswa Pendidikan bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan membentuk budi pekerti yang luhur sesuai dengan cita-cita yang diinginkan oleh setiap siswa. Selain dilaksanakan di sekolah pendidikan juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat. Salah satu penyebab turunnya prestasi siswa di sekolah adalah kurang adanya bimbingan belajar dan kurangnya perhatian orang tua kepada anak disaat mereka menonton televisi dirumah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh bimbingan belajar orang tua dan intensitas menonton televisi terhadap prestasi belajar siswa kelas rendah di SDN Kalipang 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilakukan dengan populasi 114 siswa kelas rendah dan 114 wali murid dari siswa kelas rendah di SDN Kalipang 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis data menggunakan Persentase Regresi Berganda dan Asumsi Klasik. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas menonton TV dengan 99 responden (86 84%) kategori rendah 13 responden (11 40%) kategori sedang 2 responden (1 75%) kategori tinggi (0%) dan responden memiliki kategori sangat tinggi (0%) dengan nilai terendah 10 dan nilai tertinggi 25 dan penelitian menunjukkan bahwa bimbingan belajar orang tua kategori tinggi 37 responden (32 5%) kategori sedang 48 responden (42 1%) dan kategori rendah 29 responden (25 4%) dengan nilai terendah 61 dan nilai tertinggi 90. Kesimpulan peneliti yaitu ada pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar dan tidak ada pengaruh intensitas menonton TV terhadap prestasi belajar siswa kelas rendah di SDN Kalipang 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Hasil penelitian dapat digunakan kepala sekolah untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di sekolah serta dapat mengoptimalkan peran serta orang tua kepada siswa. Bagi guru sebagai mediator dan motivator yang harus mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif mampu menciptakan suasana belajar yang sehat dan mampu mengarahkan siswa untuk menyelesaikan tugas-tugasnyadengan penuh kesadaran. Bagi peneliti selanjutnya agar meneliti lebih lanjut mengenai cara menciptakan kerja sama yang optimalkan antara orang tua dengan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104513

Actions (login required)

View Item View Item