Perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV yang mengikuti bimbingan belajar di SD se Gugus 1 Babadan Kecamatan Wlingi Kabipaten Blitar / Hendika Destarismaning Sumilih - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV yang mengikuti bimbingan belajar di SD se Gugus 1 Babadan Kecamatan Wlingi Kabipaten Blitar / Hendika Destarismaning Sumilih

Sumilih, Hendika Destarismaning (2012) Perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV yang mengikuti bimbingan belajar di SD se Gugus 1 Babadan Kecamatan Wlingi Kabipaten Blitar / Hendika Destarismaning Sumilih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar IPA Bimbingan Belajar. Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai yang masih bervariasi. Perbedaan kemampuan yang dimiliki dapat mempengaruhi hasil belajar dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan dalam belajar siswa mengikuti bimbingan belajar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas IV yang mengikuti bimbingan belajar (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas IV yang tidak mengikuti bimbingan belajar (3) untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di SD Se-Gugus 1 Babadan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain analisis komparatif pada siswa kelas IV di SD Se-Gugus 1 Babadan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Populasi yang diambil sebanyak 158 siswa dengan sampel yang diambil sebanyak 40 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah Purposive Sampling atau pengambilan sampel dengan tujuan tertentu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes sumatif siswa kelas IV semester 2. Instrumen tersebut di uji validitas dengan menggunakan korelasi bivariat dan di uji reliabilitas dengan menggunakan Spearman-Brown. Analisis data menggunakan uji perbedaan yaitu uji t sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh (1) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti bimbingan belajar yaitu sebanyak 20 siswa mempunyai rata-rata hasil belajar 95 2 (2) hasil belajar IPA siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar yaitu sebanyak 20 siswa mempunyai rata-rata hasil belajar 84 4 lebih rendah dibandingkan siswa yang mengikuti bimbingan belajar (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar yang dibuktikan dengan hasil t_hitung sebesar 8 896 lebih besar daripada nilai t_tabel sebesar 2 021 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan (1) bagi guru hendaknya memberikan bimbingan belajar kepada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Untuk siswa yang mendapatkan nilai bagus sebaiknya guru memberikan pengayaan agar wawasan siswa bertambah. (2) bagi orang tua hendaknya memahami kebutuhan anak dalam belajar sehingga anak tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi juga di luar kelas yaitu mengikuti bimbingan belajar agar pemahaman anak lebih mantap dan hasil belajar yang diperoleh anak akan lebih meningkat atau optimal. (3) Bagi peneliti selanjutnya lebih memantapkan hasil penelitian ini dengan melakukan penelitian lanjutan yang mengacu pada perbedaan jenis bimbingan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104510

Actions (login required)

View Item View Item