Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Merjosari 3 Kota Malang / Ismoyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Merjosari 3 Kota Malang / Ismoyowati

Ismoyowati (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Merjosari 3 Kota Malang / Ismoyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Studi dan Evaluasi Instalasi Listrik Pengkabelan Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Studi dan evaluasi adalah belajar sekaligus peninjauan pemeriksaan dan pengkajian ulang terhadap jumlah beban penghantar kabel tata letak kabel tanah dan pemasangannya ukuran kabel sirkit akhir yang sudah ada pada gedung graha cakrawala.Pada piranti listrik yang digunakan semakin bertambah seiring meningkatnya kebutuhan yang beragam untuk itu pengawatan instalasi harus mencukupi untuk menghindari terjadinya gangguan pemutusan sirkit karena beban lebih. Kondisi Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang kerusakan sejumlah titik belum adanya penggunaaan pengaman kondisi lain terdapat banyak kerusakan dibeberapa titik penerangan Maka studi dan evalusi ini perlu dilakukan sesuai dengan peraturan PUIL 2000 dan pendukung lainnya studi dan evaluasi ini berfungsi memenuhi standart PUIL 2000 sehingga nyaman dan aman. Langkah perancangan di mulai dari data yang meliputi kondisi nyata layout denah gedung fungsi masing-masing ruangan. Perlu juga di lakukan evaluasi dan pembanding hasil perancangan. Instalasi penerangan harus dipisahkan dengan instalasi tenaga dikarenakan apabila terjadi gangguan pada penggunaan daya beban maka penerangan tidak mengalami pemadaman perancangan sirkit akhir instalasi tenaga meliputi pemilihan penampang penghantar dan arus pengenal gawai proteksi. Pemilihan penampang penghantar dilakukan dengan dua metode yaitu metode rapat arus dan metode rugi tegangan. Penampang penghantar yang digunakan perancangan sistem pentanahanan dilakukan dengan memperhatikan resistansi jenis tanah disekitar bangunan. Jumlah elektroda pentanahan yang dibutuhkan ditentukan untuk menyesuaikan resistans tanah dengan resistans pembumian yang diinginkan. Hasil studi dan evaluasi ini dihasilkan instalasi listrik Gedung Graha Cakrawala sesuai dngan denah terbaru sesuai dengan PUIL 2000 Dan persyaratan yang tidak bertentangan dengan PUIL 2000 dalam hal penentuan luas penampang rugi daya merancang pemasangan kabel tanah gawai proteksi PHB utama PHB cabang jenis penampang penghantar. Perancangan ini juga dapat di gunakan untuk refrensi perancangan ulang instalasi listrik Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104509

Actions (login required)

View Item View Item