Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar un tuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran SBK siswa kelas III SDN Oro-oro Dowo Kota Malang / Santi Herrini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar un tuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran SBK siswa kelas III SDN Oro-oro Dowo Kota Malang / Santi Herrini

Herrini, Santi (2012) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar un tuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran SBK siswa kelas III SDN Oro-oro Dowo Kota Malang / Santi Herrini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lingkungan Aktivitas Belajar Hasil Belajar SBK. Hasil observasi awal di SDN Oro-oro Dowo Kota Malang belum pernah memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar khususnya pada mata pelajaran SBK. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada materi sikap apresiatif pada simbol benda tiga dimensi sehingga menyebabkan 17 dari 27 siswa nilainya di bawah KKM sekolah yaitu sebesar 70. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran memanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa kelas III SDN Oro-oro Dowo Kota Malang pada mata pelajaran SBK materi gambar imajinatif (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar siswa kelas III SDN Oro-oro Dowo Kota Malang pada mata pelajaran SBK materi gambar imajinatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan dan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN Oro-oro Dowo Kota Malang yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi tes wawancara dokumentasi dan catatan lapangan kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek sikap kerjasama dan keefektifan pada siklus I masih rendah karena siswa masih cenderung bersikap pasif pada saat pembelajaran berlangsung dan pada siklus II meningkat naik karena siswa sudah dapat berperan aktif pada setiap kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa juga meningkat pada aspek kebersihan kerapian dan pewarnaan dalam menyelesaikan karya. Hal ini ditunjukkan dengan pra tindakan yang memiliki ketuntasan belajar sebanyak 10 siswa (37 03%) mengalami kenaikan dari hasil belajar pada siklus I menjadi 19 siswa (70 37%) dan mengalami kenaikan lagi pada siklus II menjadi 27 siswa (100%). Hal ini juga terlihat dari ketidak tuntasan siswa yang tadinya pra tindakan dari 17 siswa (62 96%) berkurang menjadi 8 siswa (29 63%) pada siklus I. Pada Siklus II semua siswa mengalami ketuntasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa kelas III SDN Oro-oro Dowo Kota Malang pada mata pelajaran SBK materi gambar imajinatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penilitian ini bagi Kepala Sekolah dapat memotivasi dan mengarahkan Guru agar lebih terfokus dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar yang salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104508

Actions (login required)

View Item View Item