Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Cemorokandang 02 Kota Malang / Anisa Susetyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Cemorokandang 02 Kota Malang / Anisa Susetyaningrum

Susetyaningrum, Anisa (2012) Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Cemorokandang 02 Kota Malang / Anisa Susetyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci aktivitas belajar hasil belajar Model Advance Organizer IPS Mata pelajaran IPS dirancang untuk mempersiapkan siswa agar memiliki kemandirian rasa tanggung jawab pemahaman terhadap dinamika dunia sosial serta selalu berusaha meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Pembelajaran IPS SD hendaknya dapat memotivasi siswa untuk berpikir kritis aktif mencari mengalami dan menemukan berbagai fakta atau konsep yang ada di lingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Cemorokandang 02 pada hari Selasa tanggal 17 Januari 2012 menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS masih kurang. Adapun rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS berkisar pada nilai 62. Dari 41 siswa di kelas hanya 18 siswa saja yang tuntas dalam pembelajaran IPS sedangkan 23 siswa belum menunjukkan ketuntasan belajar berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70. Hal itu dikarenakan salahnya persepsi siswa terhadap mata pelajaran IPS yang dianggap membosankan penuh dengan hafalan serta pembelajaran yang kurang menarik. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Advance Organizer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Cemorokandang 02 Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cemorokandang 02 Kota Malang pada siswa kelas IV dengan jumlah 41 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata 63 48 dengan siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa (31 14%) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 78 6 dengan siswa yang tuntas sebanyak 35 siswa (89 74%). Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 60 48 dengan siswa yang tuntas sebanyak18 siswa (43 91%) sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 75 36 dengan siswa yang tuntas sebanyak 35 siswa (85 37%). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Adapun saran dari peneliti untuk guru yaitu dapat melaksanakan model Advance Organizer pada mata pelajaran IPS dan untuk peneliti lain diharapkan bisa mengembangkan model Advance Organizer dengan lebih inovatif dan bervariasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104507

Actions (login required)

View Item View Item