Penerapan model learning cycle untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDIT Wildan Mukholladun Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model learning cycle untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDIT Wildan Mukholladun Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2012) Penerapan model learning cycle untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDIT Wildan Mukholladun Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Learning Cycle Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pengetahuan awal yang dimiliki siswa sangat berpengaruh terhadap perolehan pengetahuan di sekolah dalam hal ini guru hendaknya memiliki kemampuan untuk membantu siswa membangun pengetahuan melalui pembelajaran yang mampu menanamkan konsep yang benar dan membuat siswa aktif. Hasil observasi awal di kelas IV SDIT Wildan Mukholladun pada matapelajaran IPA didapatkan hasil belajar 16 orang siswa dari 21 siswa belum memenuhi KKM yang ditetapkan berdasarkan hal ini salah satu model pembelajaran yang dianggap sesuai untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV tersebut yaitu learning cycle. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada pembelajaran IPA di kelas IV SDIT Wildan Mukholladun Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar (2) untuk mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada pembelajaran IPA di kelas IV SDIT Wildan Mukholladun Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar (3) untuk mengetahui hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada pembelajaran IPA di kelas IV SDIT Wildan Mukholladun Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 21 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian yang digunakan adalah PTK dalam bentuk kolaboratif. Pelaksanaan PTK meliputi empat tahapan yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model learning cycle dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV SD. Hasil belajar siswa meningkat serta keaktifan dan partisipasi siswa dalam belajar semakin meningkat. Hasil dari siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 10 anak dan siklus II sebanyak 18 anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan model learning cycle pembelajaran menjadi terpusat kepada siswa siswa menjadi aktif dengan melakukan kegiatan percobaan secara langsung serta mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah jika peneliti selanjutnya menginginkan menggunakan model learning cycle hendaknya membimbing siswa untuk membuat kesepakatan-kesepakatan yang mengarahkan kegiatan pembelajaran dengan baik peneliti selanjutnya perlu menerapkan model learning cycle pada materi IPA lainnya dalam rangka meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104505

Actions (login required)

View Item View Item