Hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Karanganyar 01 Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Dimas Kukuh Yudistira - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Karanganyar 01 Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Dimas Kukuh Yudistira

Yudistira, Dimas Kukuh (2012) Hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Karanganyar 01 Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Dimas Kukuh Yudistira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Gaya Belajar Prestasi Belajar PKn Keanekaragaman gaya belajar di sekolah masih berlangsung secara klasikal antara individu dianggap memiliki gaya belajar yang sama. Dalam bangku sekolah banyak siswa mengalami kesulitan dalam memaksimalkan kemampuan belajarnya. Hal ini kurang sesuai untuk pembelajaran. Siswa tidak dapat belajar secara efektif dan maksimal karena tidak ada peluang untuk mengembangka gaya belajar yang sesuai dengan dirinya. Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa menjadi kurang maksimal. Dengan melihat gaya belajar merupakan salah satu faktor dalam usaha meningkatkan prestasi belajar secara maksimal. Bertolak dari hal ini maka perlu diteliti dimana letak kecenderungan gaya belajar siswa dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas IV di SDN Karanganyar 01 (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Karanganyar 01 (3) untuk mengetahui adakah hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Karanganyar 01. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional. Data variabel bebas yaitu gaya belajar (X) yang terdiri atas gaya belajar visual (X1) gaya belajar auditorial (X2) dan gaya belajar kinestetik (X3) berjenis data nominal serta data variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y) berjenis data nominal. Sehingga penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik. Pada pembahasan (1) mayoritas gaya belajar kelas IV yang paling menonjol adalah gaya belajar visual siswa cenderung menggunakan indra penglihatan dalam menangkap informasi (2) prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn berkategori baik hal ini disebabkan siswa telah mampu menangkap informas yang diberikan guru dengan baik (3) tidak ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV hal ini di sebabkan karena masing-masing siswa memiliki semua kategori gaya belajar yaitu visual kinestetik dan auditorial. Sehingga setiap siswa berpotensi untuk meningkatkan prestasinya. Berdasarkan hasil analisis data (1) mayoritas gaya belajar yang paling menonjol siswa kelas IV di SDN Karanganyar 01 adalah gaya belajar visual (2) hasil prestasi siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Karanganyar 01 yang di rekap dari nilai UAS semester genap 2011/2012 berkategori baik (3) dari hasil uji analasis data chi square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Karanganyar 01.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104503

Actions (login required)

View Item View Item