Penerapan model word square untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas III MI Sunniyah Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan / Dia Kurnia Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model word square untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas III MI Sunniyah Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan / Dia Kurnia Lestari

Lestari, Dia Kurnia (2012) Penerapan model word square untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas III MI Sunniyah Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan / Dia Kurnia Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penerapan Model Word Square Aktivitas Hasil Belajar IPS MI. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. Harapan yang tidak pernah sirna dan selalu guru tuntut adalah bagaimana bahan pelajaran yang disampaikan guru dapat dikuasai oleh anak didik secara tuntas. Guru dalam menyampaikan materi masih konvensional guru tidak menggunakan media sehingga siswa diduga jenuh dengan metode ceramah yang dipakai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan model Word Square dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas III MI. Sunniyah Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan (2) Apakah penerapan model Word Square dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas III MI. Sunniyah Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan (3) Apakah penerapan model Word Square dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III MI. Sunniyah Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2(dua) siklus dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Masing-masing siklus terdiri dari 2(dua) pertemuan yang terdiri atas tahapan Perencanaan Pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Standar nilai ketuntasan 70 dengan ketuntasan belajar kelas 80% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah 37 siswa kelas III MI. Sunniyah Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara alat penilaian guru alat penilaian aktivitas belajar siswa dan test evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model word square pada pembelajaran IPS kelas III MI. Sunniyah Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh siswa sebelum penerapan model word square test siklus I pertemuan I skornya 57 2 dan pertemuan II skornya76 2 pada siklus II pertemuan I mendapatkan skor 77 2 dan pertemuan II skornya 83 7. Saran yang disampaikan kepada guru yaitu bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan individu perlu adanya tindakan khusus dari guru untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104502

Actions (login required)

View Item View Item