Penerapan model discovery dalam pembelajaran IPA sebagai upaya membenahi miskonsepsi pada konsep cahaya kelas 5 SDN Turen 03 Kecamatan Turen / Dhevi Puji Kriswanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model discovery dalam pembelajaran IPA sebagai upaya membenahi miskonsepsi pada konsep cahaya kelas 5 SDN Turen 03 Kecamatan Turen / Dhevi Puji Kriswanti

Kriswanti, Dhevi Puji (2012) Penerapan model discovery dalam pembelajaran IPA sebagai upaya membenahi miskonsepsi pada konsep cahaya kelas 5 SDN Turen 03 Kecamatan Turen / Dhevi Puji Kriswanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Profil Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran PKn SD Guru harus melakukan evaluasi untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Dalam melakukan kegiatan evaluasi seorang guru harus memahami konsep prinsip teknik dan prosedur evaluasi pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan guru juga harus mencakup penguasaan kompetensi siswa yaitu aspek kognitif afektif dan psikomotor seperti yang dikemukakan oleh Benyamin Bloom. Berdasarkan hasil observasi diperoleh temuan bahwa guru belum memahami cara menyusun alat evaluasi yang mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Penelitian ini untuk bertujuan untuk menjawab rumusan (1) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran PKn kelas IV SDN Se Gugus II Kec. Pagelaran Kab. Malang (2) Kendala-kendala apa yang dihadapi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran PKn Kelas IV SDN Se Gugus II Kec. Pagelaran Kab. Malang (3)Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran PKn Kelas IV SDN Se Gugus II Kec. Pagelaran Kab. Malang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah SDN Suwaru SDN Kademangan 01 dan SDN Kademangan 02. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Semua guru melaksanakan evaluasi baik evaluasi proses maupun evaluasi hasil dan berjalan cukup baik kecuali di SDN Suwaru pelaksanaan penilaian proses belum optimal. Dalam penilaian hasil guru cenderung menggunakan tes tulis berbentuk pilihan ganda dan uraian. Ranah kognitif di SDN Suwaru terdapat delapan soal C1 dan tujuh soal C2 SDN Kademangan 01 ditemukan tiga belas soal C1 dan dua soal C2. Sedangkan SDN Kademangan 02 ditemukan sepuluh soal C1 dan lima soal C2. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi di SDN Gugus II Kec. Pagelaran Kab. Malang ini tingkatan kognitif dengan ranah rendah. Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan evaluasi misalnya sulitnya membuat soal-soal yang mengukur aspek afektif materi PKn yang begitu luas dengan alokasi waktu yang terbatas dan dibutuhkan kejelian mengamati siswa saat penilaian proses. Sedangkan upaya yang dilakukan guru mengatasi kendala-kendala yaitu membiasakan membuat soal dengan mengarahkan pada tiga aspek kognitif afektif psikomotor dan guru harus lebih memahami karakteristik masing-masing siswa. ABSTRACT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104500

Actions (login required)

View Item View Item