Fitrianingrum, Sulvimei (2012) Pengaruh penggunaan sumber belajar lingkungan sekolah terhadap keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 1 Sumbergedong Kabupaten Trenggalek / Sulvimei Fitrianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Sumber belajar lingkungan sekolah menulis deskripsi Keterampilan berbahasa pada dasarnya terdiri dari keterampilan berbahasa tulis dan keterampilan berbahasa lisan. Berdasarkan hasil observasi di SDN 1 Sumbergedong Kabupaten Trenggalek Keempat aspek keterampilan bahasa yang belum dicapai siswa secara maksimal merupakan keterampilan menulis. Siswa menganggap kegiatan menulis sulit terutama jika disuruh guru untuk membuat karangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan sumber belajar lingkungan sekolah terhadap keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 1 Sumbergedong Kabupaten Trenggalek yang diterapkan pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan penelitian kuasi eksperimen dimana ada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang akan dijadikan populasi dalam penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa tes menulis deskripsi. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Ketiga analisis data yang diujikan peneliti menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian sumber belajar lingkungan sekolah berpengaruh terhadap keterampilan siswa dalam menulis deskripsi. Keterampilan awal siswa dalam mengarang memiliki nilai rata-rata 53 66 kemudian setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan sumber belajar lingkungan sekolah dalam menulis karangan deskripsi nilai rata-rata kemampuan akhir siswa menjadi 80 55. Hasil uji T menunjukkan bahwa sebesar 10 441 dan sebesar 2 000 sehingga maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu penggunaan sumber belajar lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 1 Sumbergedong Kabupaten Trenggalek. Hal ini berarti penggunaan sumber belajar lingkungan sekolah berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa. Oleh karena itu disarankan pada guru untuk menggunakan sumber belajar lingkungan sekolah dalam pembelajaran karena dari hasil penelitian ini menggunakan sumber belajar lingkungan sekolah dapat berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104499 |
Actions (login required)
View Item |