Penerapan model Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matapelajaran IPS kelas IV SN Sawojajar 1 Kota Malang / Reni Ayu Megawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matapelajaran IPS kelas IV SN Sawojajar 1 Kota Malang / Reni Ayu Megawati

Megawati, Reni Ayu (2012) Penerapan model Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matapelajaran IPS kelas IV SN Sawojajar 1 Kota Malang / Reni Ayu Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci aktivitas hasil belajar IPS SD. Berdasarkan wawancara dan observasi pembelajaran IPS kelas IV SDN Sawojajar 1 Kota Malang dapat dinyatakan pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan serta pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian maka perlu dilakukan perbaikan proses pembelajaran khususnya pada matapelajaran IPS. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV matapelajaran IPS SDN Sawojajar 1 Malang. Penelitian dilaksanakan di SDN Sawojajar 1 Kota Malang kelas IV dengan jumlah 50 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Pada siklus I aktivitas siswa 78 3% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 2 4% menjadi 80 7%. Aktivitas ini meliputi Class Presentation meningkat 6 % dari siklus I 65% menjadi 71% pada siklus II. Guided Practice 91 3% pada siklus I meningkat 0 35% menjadi 91 65% pada siklus II Teaching Group 82 65% pada siklus I meningkat 7 05% menjadi 89 7% pada siklus II. Sedangkan Team Study 81 65% pada siklus I meningkat 5% menjadi 86 65% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat dari rata-rata kelas pratindakan yang hanya mencapai 69 9 meningkat pada siklus I sebesar 71 7 kemudian meningkat lagi menjadi 79 14 pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal siswa juga meningkat dari 42% pada pratindakan meningkat 8% menjadi 50% pada siklus I dan meningkat 24% menjadi 74% pada siklus II. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Team Achievement Divisions dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS. Adapun saran dari peneliti untuk guru yaitu dapat melaksanakan model Student Team Achievement Divisions pada matapelajaran IPS dan untuk peneliti lain diharapkan bisa mengembangkan model STAD dengan lebih inovatif dan bervariasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104496

Actions (login required)

View Item View Item