Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD pada pembelajaran IPA semester I di Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang / Endar Ridia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD pada pembelajaran IPA semester I di Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang / Endar Ridia Sari

Sari, Endar Ridia (2012) Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD pada pembelajaran IPA semester I di Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang / Endar Ridia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hubungan gaya belajar prestasi belajar IPA SD. Gaya belajar siswa merupakan cara belajar yang dianggap siswa paling tepat dalam mempelajari suatu ilmu mengingat dan memecahkan soal. Masing-masing siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Siswa yang kerap dipaksa belajar dengan cara yang kurang sesuai dengan gaya belajarnya dapat menghambat proses belajar. Berdasarkan hasil observasi diperoleh temuan bahwa gaya belajar siswa kelas IV pada saat mengikuti pembelajaran IPA di kelas tidak ada yang mendengarkan guru dengan seksama ada yang berbicara dengan teman sebangku dan ada juga yang menaruh kepalanya di atas meja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas IV (2) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas IV dan (3) Mendeskripsikan tingkat hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar (variabel bebas) dan prestasi siswa (variabel terikat). Sampel penelitian ini adalah SDN Gondanglegi Kulon 01 SDN Gondanglegi Wetan 01 SDN Putat Kidul 01 SDN Ketawang SDN Ganjaran. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 159 siswa yang dianalisis 109 siswa atau 68 56% memiliki gaya belajar visual 21 siswa atau 12 32 % memiliki gaya belajar auditori 17 siswa atau 10 69% memiliki gaya belajar kinestik 5 siswa atau 3 15% memiliki gaya belajar visual dengan auditori 2 siswa atau 1 88% memiliki gaya belajar visual dengan kinestik 2 siswa atau 1 26% memiliki gaya belajar auditori dengan kinestik 2 siswa atau 1 26% memiliki ketiga gaya belajar tersebut (visual auditori dan kinestik). Hal ini berarti siswa kelas IV SD di Kecamatan Gondanglegi memiliki gaya belajar visual atau belajar dengan cara melihat. Hasil belajar siswa kelas IV SD khususnya pada mata pelajaran IPA mempunyai rata-rata 69 86 yang berarti cukup. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar hal ini dapat diketahui dari nilai r hitung 0 98 dengan nilai r sekian dapat dikonversikan hubungan tersebut sangat kuat sedangkan r tabel dari n 159 adalah 0 159 rh rt tabel yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil siswa kelas IV SD. Dengan demikian sebaiknya guru kelas IV khususnya pada pembelajaran IPA merubah cara pengajarannya melebihkan porsi visualisasi yang dalam pengajarannya selalu menggunakan grafis. Penggunaan grafis dapat berupa gambar video pembelajaran benda konkretnya slide film kartu bergambar. Selain itu ada baiknya guru juga memperhatikan gaya belajar masing-masing siswanya karena setiap siswa berhak mendapatkan pengajaran yang sama dan gaya belajar juga berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104494

Actions (login required)

View Item View Item