Amelia, Farida (2012) Studi keterlaksanaan pembelajaran tematik SD di Gugus I Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Farida Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal salah satu Sekolah Dasar di Kecamatan Pagelaran yang menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas rendah masih dilaksanakan dalam satuan mata pelajaran. Hal ini dikarenakan guru kurang memahami konsep model pembelajaran tematik sehingga guru mengalami kesulitan dalam perencanaan dan penerapan model pembelajaran tematik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran tematik di Gugus I Kecamatan Pagelaran (2) untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru kelas rendah tentang model pembelajaran tematik (3) untuk mendeskripsikan teknik penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran tematik dan (4) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model pembelajaran tematik di Gugus I Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas rendah dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data meliputi angket wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62 33% model pembelajaran tematik kurang terlaksana di Gugus I Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Faktor penghambat keterlaksanaan model pembelajaran tematik di Gugus I yaitu (1) 73% guru kurang memahami konsep model pembelajaran tematik SD (2) 40% guru mengalami kesulitan dalam membuat RPP tematik (3) jarang diadakan Kelompok Kerja Guru (KKG) kelas rendah yang membahas tentang model pembelajaran tematik (4) kurangnya sosialisasi dan monitoring dari Diknas setempat tentang model pembelajaran tematik. Penerapan model pembelajaran tematik di Gugus I Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang kurang terlaksana dengan maksimal disebabkan sebagian besar guru kurang memahami konsep model pembelajaran tematik. Mengingat pentingnya penerapan model pembelajaran tematik di kelas rendah maka hendaknya (1) guru berusaha mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam proses pembelajaran dengan melakukan diskusi dengan teman sejawat atau kepala sekolah (2) guru aktif dalam mencari informasi berkaitan dengan model pembelajaran tematik (3) guru kreatif dan inovatif menciptakan sesuatu yang baru untuk menunjang keberhasilan pendidikan (4) sekolah memfasilitasi guru dan siswa untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan (5) Diknas setempat dapat mensosialisaikan model pembelajaran tematik secara menyeluruh dan memonitoring penerapannya di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |