Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model problem solving pada siswa kelas IV SDN Cemorokandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Edy Pinto Hermawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model problem solving pada siswa kelas IV SDN Cemorokandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Edy Pinto Hermawan

Hermawan, Edy Pinto (2012) Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model problem solving pada siswa kelas IV SDN Cemorokandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Edy Pinto Hermawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci IPA Pembelajaran Model Problem Solving Model Problem Solving adalah model pembelajaran yang mengutamakan proses untuk menemukan kombinasi dari sejumlah aturan yang dapat diterapkan dalam upaya mengatasi situasi baru Berdasarkan hasil observasi diperoleh fakta bahwa pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif. Terbukti dari nilai tes menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 64 65 dengan ketuntasan kelas hanya mencapai 52 2 % sedangkan SKM kelas yang ditentukan adalah 70 dengan hasil belajar yang tercapai rata-rata 75% untuk ketuntasan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model Problem Solving untuk meningkatkan pembelajaran IPA (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model Problem Solving (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Problem Solving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi penyusunan RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran model Problem Solving lembar observasi aktivitas siswa soal tes pedoman wawancara lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Solving untuk pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Cemorokandang 2 dengan kompetensi dasar Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model Problem Solving meningkat dari rata-rata skor 49 pada siklus I menjadi rata-rata skor 53 pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari rata-rata skor 72 40 pada siklus I menjadi rata-rata skor 92 37 pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata nilai 74 99 pada siklus I menjadi rata-rata nilai 90 49 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam menerapkan model Problem Solving ini Hendaknya rencana pembelajaran dipersiapkan lebih matang. Hal ini akan menambah keaktifan siswa dalam menggali pengetahuan lebih banyak pada kegiatan penyelidikan hendaknya setiap siswa dalam kelompok bergantian melakukan penyelidikan agar dapat mempunyai pengalaman langsung dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104487

Actions (login required)

View Item View Item