Penerapan model discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Kota Malang / Cahya Riudlatul Lailiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Kota Malang / Cahya Riudlatul Lailiyah

Lailiyah, Cahya Riudlatul (2012) Penerapan model discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Kota Malang / Cahya Riudlatul Lailiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Discovery Pembelajaran IPA. Pembelajaran harus dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Berdasarkan observasi materi gaya di SDN Blimbing 4 Kota Malang pembelajaran cenderung berpusat pada guru dengan hanya melakukan metode ceramah tanya jawab dan drill. Kegiatan siswa terlihat tidak efektif terbukti ada dari hasil tes saat observasi rata-rata kelasnya mendapat 44 77 yang sangat jauh dari KKM yaitu 70. Sehingga pembelajaran yang berpusat pada guru dari segi proses dan hasil masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan model Discovery dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Kota Malang (2) aktivitas siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Kota Malang selama menggunakan model Discovery dalam pembelajaran IPA (3) hasil belajar siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Kota Malang setelah pembelajaran IPA dengan menggunakan model Discovery. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Kota Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 45 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK yang meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting 3) observing 4) reflecting dan 5) revise plan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery di kelas IV SDN Blimbing 4 Kota Malang tahun ajaran 2011/2012 dapat dilaksanakan dengan baik. Terbukti dari skor kesesuaian guru dengan RPP model Discovery pada siklus I memperoleh prosentase sebesar 82% tampak mengalami peningkatan pada siklus II dengan prosentase 97%. Demikian pula dengan aktivitas dan hasil belajar siswa telah meningkat setelah menggunakan model Discovery. Dengan prosentase rata-rata keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 53%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Untuk hasil belajar pada siklus I mendapat nilai prosentase 32%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran Discovery siswa lebih aktiv dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun disarankan sebelum melaksanakan pembelajaran dengan model Discovery sebaiknya dilakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu untuk menghindari kekacauan dalam kelas dan guru harus mampu membimbing serta memotivasi siswa untuk menyimpulkan suatu konsep pengetahuan yang harus dicapai siswa sesuai yang direncanakan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104486

Actions (login required)

View Item View Item