Hubungan pemanfaatan waktu belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas 3 SDN Bareng 1 Kota Malang / Putri Adhelina Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pemanfaatan waktu belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas 3 SDN Bareng 1 Kota Malang / Putri Adhelina Puspita Sari

Sari, Putri Adhelina Puspita (2012) Hubungan pemanfaatan waktu belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas 3 SDN Bareng 1 Kota Malang / Putri Adhelina Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci waktu belajar hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) Belajar dapat dilakukan dimana saja. Waktu belajar juga dapat dilaksanakan kapan saja. Cara belajar yang baik bukan dilakukan saat akan menghadapi tes tetapi belajar yang dilakukan secara teratur dan sungguh-sungguh serta menepati waktu belajar yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemanfaatan waktu belajar siswa SDN Bareng 1 Kota Malang (2) mendeskripsikan hasil belajar PKn siswa SDN Bareng 1 Kota Malang (3) mendeskripsikan hubungan antara pemanfaatan waktu belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa SDN Bareng 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dan memilih siswa kelas 3 SDN Bareng 1 sebagai subyek penelitian dengan jumlah 54 siswa. Data pemanfaatan waktu belajar diambil dengan menggunakan angket sedangkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) diambil dari dokumentasi hasil ulangan harian. Reliabilitas skala pemanfaatan waktu belajar 0 605 sedangkan skala hasil belajar telah di dilihat dari dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan korelasi product moment menggunakan bantuan program SPSS 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan waktu belajar siswa dengan kualitas sangat baik berjumlah 2 siswa (3.70%) kualitas baik 30 siswa (55.56%) kualitas sedang 16 siswa (29.62%) kualitas kurang 5 siswa (9.26%) dan kurang sekali 1 siswa (1.86%). Skala hasil belajar siswa dengan kualitas sangat baik berjumlah 16 siswa (29 62%) kualitas baik 17 siswa (31 48%) kualitas sedang 11 siswa (20 37%) dan kualitas kurang 10 siswa (18.51%). Kesimpulan dalam penelitian yaitu (1) pemanfaatan waktu belajar siswa kelas 3 SDN Bareng 1 Kota Malang dalam kategori baik (2) Hasil belajar siswa kelas 3 SDN Bareng 1 Kota Malang dalam kategori kurang baik (3) Didapatkan hubungan positif dan signifikan antara pemanfaatan waktu belajar dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada siswa kelas 3 SDN Bareng 1 sebesar r xy hitung 0 383 dan r xy tabel 0 345 (Ho ditolak) yang berarti ada hubungan antara pemanfaatan waktu belajar dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada siswa kelas 3 SDN Bareng 1 Kota Malang. Disarankan kepala sekolah untuk melakukan pembinaan bagi guru untuk memotovasi pemanfaatan waktu belajar sehingga meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) .Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah hendaknya menjadi reverensi untuk lebih meningkatkan pemanfaatan waktu belajar. Peneliti lanjut dapat dijadikan landasan terutama yang berhubungan dengan waktu belajar dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104484

Actions (login required)

View Item View Item