Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan narasi bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Baraeng 3 Kota Malang / Dyah Ayu Ishlahiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan narasi bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Baraeng 3 Kota Malang / Dyah Ayu Ishlahiyah

Ishlahiyah, Dyah Ayu (2012) Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan narasi bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Baraeng 3 Kota Malang / Dyah Ayu Ishlahiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penggunaan Media Gambar Seri Menulis Narasi Sekolah Dasar. Menulis merupakan salah satu komponen kemampuan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa. Melalui menulis siswa dilatih untuk mengungkapkan perasaan ide serta gagasan secara tertulis. Dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa maka diperlukan usaha untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penggunaan media gambar seri dapat membangun imajinasi dan konsep siswa untuk menulis karangan yang lebih terarah sesuai sajian gambar. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi di kelas IVb yang tidak menggunakan media gambar seri (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi di kelas IVc yang menggunakan media gambar seri (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan narasi Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Bareng 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif rancangan penelitiannya eksperimen semu sedangkan desain penelitiannya pretest posttest. Siswa kelas IV SDN Bareng 3 sebagai populasi dengan jumlah 96 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 62 siswa diambil dari populasi. Instrumen penelitian berupa RPP lembar penilaian kemampuan menulis karangan siswa dan lembar pengamatan penggunaan media gambar seri. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji T menggunakan bantuan program SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Bareng 3 Kota Malang. Pengaruh tersebut telah dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yakni thitung sebesar 2 791 dengan harga ttabel lebih kecil yakni 2 000. Taraf signifikansi yang digunakan yaitu 5%(0 05) dan harga thitung lebih besar dari ttabel (thitung ttabel) maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan selisih rata-rata nilai posttest dengan pretest kelompok kontrol sebesar 9 931 lebih rendah dibandingkan dengan selisih rata-rata nilai posttest dengan pretest kelompok eksperimen yaitu sebesar 11 533. Hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan tambahan media pembelajaran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Bareng 3 Kota Malang dalam menulis karangan. Bagi lembaga pendidikan pembinaan penggunaan media lebih diefektifkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104483

Actions (login required)

View Item View Item