Mardiana, Ifa (2012) Identifikasi konsepsi siswa kelas V terhadap sistem peredaran darah di MI Kecamatan Kraton gugus I Kabupaten Pasuruan / Ifa Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Konsepsi siswa kelas V Sistem Peredaran Darah Pasuruan Belajar yang efektif harus dimulai dari pengalaman langsung atau pengalaman kongkrit dan menuju kepada pengalaman yang lebih abstrak. Agar proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik siswa sebaiknya diajak untuk memanfaatkan semua alat indranya. Semakin banyak alat indera untuk menerima dan mengolah informasi semakin besar kemungkinan informasi tersebut dapat dimengerti dan dipertahankan dalam ingatan.Oleh karena itu penanaman konsep suatu materi pembelajaran sangat penting ditanamkan pada siswa terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengidentifiasi konsepsi siswa kelas V Terhadap bagian-bagian jantung jenis-jenis pembuluh darah gangguan pada sistem peredaran darah cara menjaga kesehatan peredaran darah dan penyebab miskonsepsi tehadap sistem peredaran darah. Metode dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara wawancara kepada siswa pemberian tes dan analisis buku sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa mempunyai konsepsi yang beragam tentang materi sistem peredaran darah antara lain jantung terletak disebelah rongga bagian kanan alat peredaran darah manusia terdiri dari jantung dan paru-paru dalam satu peredaran darah mengalir dua kali melalui jantung disebut peredaran darah besar dan penyakit yang yang menyerang pada pembuluh darah di otak seseorang pecah siswa menjawab orang tersebut menderita penyakit hipertensi. Konsepsi yang paling banyak keragamannya dan menurut pengertian ilmiah belum benar adalah konsepsi siswa terhadap bagian-bagian jantung dan jenis-jenis pembuluh darah. Agar siswa memiliki pengetahuan yang dimiliki siswa tidak hanya bagian per bagian tetapi merupakan pengetahuan yang utuh maka sebaiknya yang dilakukan guru adalah mengaitkan antara konsep yang satu dengan konsep yang lain yang berhubungan agar siswa dapat memahami dengan mudah dan benar secara ilmiah mengenai konsep sebaiknya guru mampu mengembangkan media pembelajaran sendiri seperti membuat gambar sendiri pada saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |