Junaidi, Ahmad (2012) Penggunaan modul untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV MI Bhrul Ulum Pakisaji Kabupaten Malang / Ahmad Junaidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Modul Hasil Belajar Pembelajaran IPA. Berdasarkan observasi awal di MI Bahrul Ulum Pakisaji diketahui kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh guru dan siswa belum bisa belajar secara mandiri untuk mengembangkan bakat dan kreativitasnya dan hasil belajar siswa kelas IV masih relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode ceramah. Metode ini membentuk siswa menjadi pasif kurang kreatif dan pengetahuan mereka kurang berkembang sehingga perlu adanya pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif dan dapat membantu siswa belajar mandiri. Pembelajaran yang dapat diterapkan agar siswa aktif belajar secara mandiri salah satunya adalah pembelajaran dengan modul. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Bahrul Ulum Pakisaji dengan Standar Kompetensi (SK) Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan. Penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) penerapan modul dalam pelajaran IPA pada siswa kelas IV MI Bahrul Ulum Pakisaji 2) aktivitas belajar siswa kelas IV saat diterapkan modul dan 3) hasil belajar siswa kelas IV dengan diterapkannya modul. Penerapan modul ini dilakukan dengan langkah-langkah (1) guru menyiapkan modul (2) guru menyiapkan media pembelajaran (3) guru menyiapkan mental siswa untuk belajar dengan modul (4) guru menyampaikan tata tertib dalam penerapan modul (5) guru membagikan modul (6) memberi penjelasan petunjuk penggunaan modul (7) memberi bimbingan pada siswa dalam mengerjakan modul (8) Memberi tanggapan pada siswa yang bertanya (9) memberikan penilaian dari hasil kerja siswa dan (10) membimbing siswa melakukan umpan balik (feed back). Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa penerapan modul dapat meningkatkan pembelajaran IPA. Hal ini terbukti pada setiap siklus semua aspek pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik. Pada siklus I 81% aktivitas guru sudah baik dan pada siklus II meningkat menjadi 92% sedangkan hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I (65%) dan pada siklus II (83%) meningkat 18%. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus I (71%) siswa tuntas dalam belajar dan pada siklus II meningkat menjadi (88%) siswa yang tuntas dalam belajar. Saran sebagai upaya peningkatan pembelajaran dengan menggunakan modul adalah memperjelas dan mempermudah petunjuk menggunakan modul sehingga dapat memperoleh tujuan pembelajaran yang lebih optimal. Selain itu tidak semua materi pelajaran dapat dilaksanakan dengan menggunakan modul.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |