Pengembangan perangkat pembelajaran konsep faktor bilangan kelas IV SD / Neni Sri Mariyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran konsep faktor bilangan kelas IV SD / Neni Sri Mariyati

Mariyati, Neni Sri (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran konsep faktor bilangan kelas IV SD / Neni Sri Mariyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Konsep Faktor Bilangan Kelas IV SD Tujuan pembelajaran Matematika akan tercapai dengan perancangan awal. Perancangan ini dapat dimulai dari pengembangan perangkat pembelajaran. Perancangan dalam pengembangan perangkat pembelajaran yang bagus akan membantu siswa dalam memahami suatu konsep terutama dalam penanaman konsep dalam materi faktor bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancanan pengembangan perangkat pembelajaran konsep faktor bilangan serta mendeskripsikan tanggapan guru terhadap hasil pengembangan perangkat pembelajaran konsep faktor bilangan pada pembelajaran Matematika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan model pengembangan 4D yang mengadopsi dari model Thiagarajan Semmel dan Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define Design Develop dan Disseminate. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran ini hanya sampai pada tahap Develope dikarenakan keterbatasan waktu pengembang dalam menyusun Perangkat Pembelajaran konsep faktor bilangan. Dalam penelitian ini perangkat pembelajaran yang telah diproduksi selanjutnya di validasi oleh 2 orang validator yaitu ahli materi dan pengguna. Uji coba simulasi dilakukan pada 26 siswa kelas IVB sedangkan uji coba terbatas dilakukan pada 25 siswa kelas IVA SDN Sekarpuro. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif berupa uraian yang mendalam tentang ucapan tulisan atau perilaku yang dapat diamati selama penelitian. Sedangkan analisis kuantitatif lebih menitik beratkan pada angka-angka tetapi juga dikonversikan dalam bentuk uraian. Berdasarkan hasil teknik analisis data tersebut diperoleh hasil produk yaitu silabus RPP dan bahan ajar. Hasil pengembangan produk dimulai dari bagian materi soal-soal Bahan ajar yang dikembangkan terletak pada pengembangan materi serta soal-soal latihan yang ada. Pengembangan pada silabus terdapat pada tujuan pembelajaran yang divalidasi secara empirik. Hasil uji lapangan terbukti bahwa hasil pengembangan perangkat pembelajaran konsep faktor bilangan dapat digunakan pada pembelajaran Matematika kelas IV SD dengan catatan bahwa siswa harus menguasai ciri habis terbagi terlebih dahulu. Adapun saran terhadap pengembang berikutnya yaitu Mengkaji lebih dalam pada saat pemilihan materi sehingga pengembangan materi pada perangkat pembelajaran ini dapat diperluas dan lebih detail untuk disajikan dalam bentuk perangkat pembelajaran yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104480

Actions (login required)

View Item View Item